Ini Rumah Paling Sepi di Dunia, Berdiri Sendirian di Pulau Terpencil

Alfina Nuraini, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 612 2328299 ini-rumah-paling-sepi-di-dunia-berdiri-sendirian-di-pulau-terpencil-T1drcEmlCN.jpg Rumah paling sepi di dunia ada di Islandia. (Foto: Hansueli Krapf/Wikimedia Commons)

RUMAH putih soliter di pulau terpencil Ellidaey, Islandia, memiliki julukan "rumah paling sepi di dunia". Tempat tinggal yang disebut The Hunting Lodge ini tidak berpenghuni sejak 1930-an.

Pulau Elliðaey atau Ellidaey letaknya paling timur laut dari gugusan pulau kecil di Kepulauan Vestmannaeyar, lepas pantai selatan Islandia. Di sana hanya terdapat satu rumah yang ikonik dan misterius, sendiri di atas bukit dan lautan.

Baca juga: 5 Protokol Kesehatan saat Menerima Kiriman Paket di Rumah 

Tampaknya tempat misterius di Ellidaey ini sangat indah, tetapi sudah sekira 70 tahun tidak ada satu orang pun yang menghuninya.

Bangunan yang terawat pun kian membingungkan publik. Selama bertahun-tahun, rumor dan teori tentangnya banyak beredar di internet.

Rumah paling sepi di dunia ada di Islandia. (Foto: Instagram @theclutchcorner)

Melansir Oddy Central, Selasa (15/12/2020), Pulau Ellidaey ini sebelumnya dihuni lima keluarga. Mereka menetap untuk mencari ketenangan, sekaligus berburu burung puffin. Burung ini memang banyak ditemukan di pulau-pulau di sekitar Samudera Atlantik.

Sejak 1930, pulau ini kembali kosong melompong karena ditinggal penghuninya. Mereka memutuskan pindah karena sumber daya alam sudah menipis dan ingin mencari kehidupan yang lebih baik. Kebanyakan pindah ke daratan utama Islandia dan melanjutkan hidup dengan beternak sapi atau hewan lainnya.

Baca juga: Habib Rizieq Sahur Makan Kurma di Penjara, Ini Manfaatnya Kata Ahli Gizi 

Pada 1953, pulau ini kembali didatangi banyak orang. Mereka Ellidaey Hunting Association, membangun tempat yang kini dikenal "rumah paling sepi di dunia". Rumah bercat putih ini sebenarnya pondok berburu burung puffin yang ditempati anggota komunitas setiap datang ke pulau.

Hingga kini pondok berburu Ellidaey masih dirawat Ellidaey Hunting Association. Memiliki kondisi baik, tempat ini tidak termasuk kategori rumah yang nyaman. Listrik, air ledeng, atau pipa ledeng dalam ruangan jelas tidak ada di lingkungan antah-berantah ini.

Meskipun tidak ada jaringan listrik, komunitas yang bermalam bisa menikmati sauna untuk bersantai dan air yang menggunakan sistem pengumpulan hujan. Selain itu, ada juga perlengkapan memasak.

Fasilitas yang ada tidak membuat orang ingin menetap di tempat ini. Para turis pun dilarang untuk menginap, hanya anggota komunitas yang sudah tahu medannya yang boleh bermalam di sana.

Baca juga: Mirip Nagita Slavina, Intip Potret Gemas Icha Pratiwi TikTokers yang Lagi Viral 

Pulau Ellidaey diketahui sarang utama bagi petrel badai dan burung laut. Pulau ini juga terdaftar sebagai cagar alam dan kawasan lindung, tetapi tampaknya tidak menghentikan anggota komunitas untuk mendatanginya dengan tujuan berburu burung-burung.

Keindahan alam tempat ini tetap bisa dinikmati. Beberapa operator tur di Kepulauan Vestmannaejar menawarkan perjalanan sehari dengan speed boat ke pulau terpencil ini. Dari atas laut, turis bisa memotret Pulau Ellidaey dan melihat dari jauh rumah paling sepi di dunia.

Baca juga: Berumur 400 Tahun, Kenali Rogan Seni Tekstil dari India 

Rumah paling sepi di dunia ada di Islandia. (Foto: Instagram @theclutchcorner)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini