Kopi Hitam Efektif Turunkan Berat Badan, Bagaimana Caranya?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 298 2328849 kopi-hitam-efektif-turunkan-berat-badan-bagaimana-caranya-ybqvGK7DkO.jpg Kopi hitam ternyata cukup ampuh menurunkan berat badan. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

TIDAK bisa memulai pagi Anda tanpa secangkir kopi hitam? Inilah kabar baik untuk Anda. Penelitian menyatakan bahwa secangkir kopi setiap hari dapat membantu Anda tetap terjaga dan aktif sepanjang hari serta memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Kopi hitam kaya nutrisi dan sarat dengan antioksidan. Ia bahkan memiliki senyawa kimia kuat yang membantu mencegah berbagai penyakit. Minum kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan bahkan lebih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Buat Kopi Rumahan Selezat Coffee Shop Kekinian 

Tetapi apakah kopi hitam yang luar biasa juga membantu menurunkan berat badan? Ya, tentu saja. Minum kopi hitam dapat mempercepat perjalanan penurunan berat badan Anda dengan meningkatkan metabolisme.

Sesuai penelitian dari Departemen Pertanian Amerika Serikat bahwa secangkir kopi hitam yang diseduh dari kacang tanah hanya memiliki 2 kalori. Jika kopi yang diseduh berasal dari biji tanpa kafein, jumlah kalorinya turun menjadi nol.

Menambahkan gula dan rasa lain ke dalam kopi seperti gula merah, gula, kedelai, susu, sirup cokelat, atau vanila tidak disarankan jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan.

Mengutip Times of India, Rabu (16/12/2020), berikut empat cara kerja kopi hitam dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Pagi-Pagi Cocok Minum Kopi Moka ala Rumahan, Enak dan Mudah Buatnya 

1. Menekan rasa lapar

Kafein membantu menekan rasa lapar dan membuat Anda tetap energik sepanjang hari. Ini membantu dalam melawan hormon kelaparan yang dikenal sebagai peptida YY dan membantu menjaga rasa lapar.

2. Memperlambat glukosa

Asam klorogenat dalam kopi membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Ini memperlambat produksi glukosa dalam tubuh dan penuh dengan antioksidan.

3. Meningkatkan metabolisme

Kafein dalam kopi meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan tingkat energi yang membantu membakar lebih banyak kalori. Kafein juga membantu mengawasi kadar kolesterol Anda yang membuatnya baik untuk jantung.

4. Menurunkan kadar air

Kelebihan air dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan. Minum kopi hitam membantu menurunkan kadar air ekstra di tubuh saat Anda lebih sering buang air kecil. Sering buang air kecil membantu menurunkan berat badan dengan membuat Anda menurunkan berat badan air.

Baca juga: Wow, Ternyata Kafein Bisa Dongkrak Kinerja Tubuh saat Olahraga 

Kopi. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini