6 Khasiat Menakjubkan Minyak Wijen, Apa Saja?

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 298 2328852 6-khasiat-menakjubkan-minyak-wijen-apa-saja-I18ivectS9.jpg Minyak wijen (Foto: Exporters India)

Minyak wijen adalah minyak nabati yang berasal dari ekstra biji wijen. Biasanya minyak wijen digunakan pada masakan Asia. Minyak ini membuat masakan terasa lebih sedap dan memberikan bau yang menggoda selera.

Disamping kegunaannya untuk masakan, minyak wijen kaya akan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Food.NDTV pada Rabu, (16/12/20) berikut apa yang diberikan minyak wijen untuk kesehatan Anda.

 minyak wijen

1. Sumber lemak sehat

Berbeda dengan mentega yang mengandung lemak jenuh berbahaya, minyak wijen mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Melansir dari The Healthy, “Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuhnya,” kata Edwina Clark, RD, Kepala Bagian Nutrisi dan Kesehatan di Yummly.

2. Mengurangi nyeri artritis

Berbeda dengan biji wijen yang mengandung sumber vitamin dan mineral. Dan kaya akan tembaga, seng, magnesium, besi, dan kalsium. Minyak wijen tidak mengandung nutrisi sebanyak biji wijen utuh karena berkurang saat proses ekstrasi.

Adanya kandugan seng dan tembaga membatu produksi sel darah merah, sirkulasi darah, metabolisme tubuh. Tembaga juga dikenal dengan sifat anti-inflamasi yang mengurangi nyeri artritis, pembengkakan sendi, dan memperkuat tulang.

3. Mengandung antioksidan

Minyak wijen mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai lignan. Lignan biasanya ditemukan pada tumbuhan, dikenal akan sifat kimia dan fisiologisnya yang unik. Selain itu, minyak wijen mengandung antioksidan tinggi dan Vitamin E dan digunakan untuk perawatan kecantikan.

Melansir dari The Healthy, “Pijat beberapa minyak wijen ke akar dan kulit kepala dan biarkan meresap selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air hangat dan sampo keesokan paginya atau keramas setelah 30 menit pertama jika Anda mau, ” saran Clark. Ini akan membuat rambut bersinar.

4. Menurunkan tekanan darah

Menurut studi seorang peneliti India dari Annamalai University dan diterbitkan dalam Yale Journal of Biology and Medicine, "Minyak wijen sebagai minyak nabati menurunkan tekanan darah, menurunkan peroksidasi lipid, dan meningkatkan antioksidan pada pasien hipertensi."

5. Bagus untuk kulit

Minyak wijen bersifat antibakteri dan antiradang yang digunakan perawatan kulit. Dapat melembabkan, meregenerasi kulit, bersifat anti-penuaan, dan dianggap sebagai SPF alami.

Minyak wijen dapat digunakan sebagai minyak pijat karena sifatnya menghangatkan dan mampu meresap jauh ke dalam kulit.

Baca juga: Tren Kecantikan 1 Dekade Silam, Masih Cocok Gak Ya?

6. Melawan stres

Minyak wijen mengandung asam amino, dikenal sebagai tirosin yang mempengaruhi aktivitas serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang memengaruhi suasana hati kita. Jika serotonin tak seimbang, bisa menyebabkan depresi dan stres.

Menurut para ahli, dengan mengonsumsi makanan yang membantu produksi serotonin dapat memberikan perasaan positif dan mencegah stres. Salah satunya, minyak wijen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini