Gejala Usai Suntik Vaksin, Lapor jika Alami Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 481 2328514 gejala-usai-suntik-vaksin-lapor-jika-alami-ini-FbADvlKZQf.jpg Anak disuntik vaksin (Foto : Clevelandclinic)

Pemerintah memutuskan melakukan suntik vaksin Covid-19 atau virus corona dalam rangka memunculkan herd immunity (kekebalan kelompok). Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/ 9860/ 2020.

Keputusan tersebut telah ditandatangani oleh Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto pada 3 Desember 2020 dan berisi tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19).

Sekadar informasi vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen. Bila diberikan kepada seseorang maka akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Meski aman untuk digunakan, namun vaksin akan menimbulkan gejala awal bagi para penggunanya.

Gejala Vaksin

Merangkum dari laman resmi Instagram Kemenkes RI @kemenkes_ri, Rabu (9/12/2020), vaksin yang diberikan kepada masyarakat nantinya tentu telah lolos uji World Health Organization (WHO) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Ada pun gejala yang timbul pasca vaksinasi adalah, demam ringan, ruam merah, bengkak merah, dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi,” tulis akun Kemenkes RI.

Baca Juga : Kelompok Disabilitas dan Autisme Harus Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Dikatakan bahwa reaksi yang timbul tersebut adalah normal, dan gejala tersebut akan menghilang secara sendirinya dalam 2-3 hari.

“Segera bawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang serius seperti demam tinggi dan kejang,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini