Lihat Orang Kena Serangan Jantung, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Diberikan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 481 2328568 lihat-orang-kena-serangan-jantung-ini-pertolongan-pertama-yang-bisa-diberikan-NA1mZThHGd.jpg Ilustrasi pertolongan pertama serangan jantung. (Foto: Rawpixel/Pixabay)

SERANGAN jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Serangan jantung bisa melanda siapa saja tanpa batasan usia secara mendadak. Serangan jantung terjadi ketika suplai darah ke bagian jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya akibat gumpalan darah.

Faktor risiko yang dimiliki seseorang juga berkontribusi pada penumpukan lemak yang tidak diinginkan (aterosklerosis). Ini bisa mempersempit arteri di seluruh tubuh seseorang.

Baca juga: Benarkah Menguap Berlebihan Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung? 

Meski demikian, seseorang dapat sembuh total setelah serangan jantung, tetapi mungkin tergantung pada seberapa besar kesehatan jantung yang terpengaruh. Oleh karena itu, mengetahui cara menangani serangan jantung menjadi sangat penting. Ini untuk memperbesar tingkat keselamatan seseorang.

Merangkum dari SJA, Rabu (16/12/2020), berikut pertolongan pertama yang bisa diberikan ketika melihat orang kena serangan jantung.

Baca juga: Terungkap, Ini Hal-Hal Paling Ditakuti Pilot saat Berada di Kokpit Pesawat 

1. Hubungi bantuan darurat segera dan beri tahu mereka bahwa ada seseorang mengalami serangan jantung.

2. Bantu pindahkan pasien ke posisi yang nyaman. Posisi terbaik adalah di lantai dengan lutut ditekuk dan kepala serta bahu ditopang. Anda juga bisa meletakkan bantal di belakang atau di bawah lutut mereka.

3. Beri mereka satu tablet aspirin (300 mg) dan minta untuk mengunyahnya perlahan. Jangan berikan aspirin kepada pasien jika mereka berusia di bawah 16 tahun atau alergi terhadapnya.

4. Minta pasien untuk minum obat sendiri jika memang ada.

5. Terus pantau tingkat respons korban sampai bantuan darurat tiba. Jika mereka menjadi tidak responsif pada titik mana pun, bersiaplah untuk memulai CPR.

Baca juga: Sama-Sama Berdebar, Kenali Perbedaan Serangan Jantung dan Panik 

Ilustrasi serangan jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini