5 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Kondisi Ginjal, Jangan Dilakukan Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 481 2328900 5-kebiasaan-yang-bisa-memperburuk-kondisi-ginjal-jangan-dilakukan-ya-thRp3wBoiW.jpg Ilustrasi sakit ginjal. (Foto: Shutterstock)

GINJAL merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Pasalnya, ginjal mempunyai banyak fungsi, seperti menyaring darah, memproduksi hormon, membuang limbah melalui urine, menyeimbangkan mineral, serta menjaga keseimbangan cairan. Maka itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan.

Kesehatan ginjal ternyata juga berpengaruh dari aktivitas sehari-hari. Ada kebiasaan yang tidak boleh dilakukan karena memberikan efek buruk terhadap kesehatan ginjal.

Baca juga: Punya Masalah Ginjal? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini 

Apa saja kebiasaan kebiasaan yang bisa memperburuk kondisi ginjal dan sebaiknya dihindari? Berikut ini paparannya, seperti dinukil dari Kidney, Rabu (16/12/2020).

1. Sering gunakan obat penghilang rasa sakit

Obat nyeri yang dijual bebas dapat meredakan rasa sakit, tetapi ternyata dapat membahayakan ginjal, terutama jika sudah lama menderita penyakit ginjal. Kurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit itu dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan.

Ilustrasi kesehatan ginjal. (Foto: Shutterstock)

2. Terus konsumsi makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam mengandung natrium tinggi. Ini bisa meningkatkan tekanan darah dan membahayakan ginjal. Bumbui makanan dengan bahan alami dan rempah-rempah, bukan garam. Seiring waktu, Anda mungkin merasa lebih mudah menghindari penggunaan garam (natrium) tambahan pada makanan.

Baca juga: Sakit Perut Sebelah Kiri, Hati-Hati Gejala Cystitis hingga Batu Ginjal 

3. Kurang minum air

Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal Anda membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik menghindari sakit batu ginjal.

Mereka yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairannya, tetapi bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter (3 hingga 4 liter) air per hari adalah target yang sehat.

4. Terlalu sering begadang

Istirahat malam yang nyenyak sangat penting untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan ternyata juga ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

5. Banyak konsumsi daging

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis yakni suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua bagian tubuh tetapi diet Anda harus diimbangi dengan buah dan sayuran.

Baca juga: Keuntungan Transplantasi Ginjal Ketimbang Hemodialisa 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini