4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pemulihan Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 481 2328973 4-olahraga-yang-bisa-dilakukan-selama-masa-pemulihan-covid-19-lZnSsEPbyb.jpg Ilustrasi olahraga di masa pemulihan dari covid-19. (Foto: Master1305/Freepik)

COVID-19 memiliki kecenderungan membuat penderitanya merasa lemah dan bisa juga mengganggu kesehatan mental. Meskipun mungkin telah mengalami bagian sulit dari keseluruhan proses, penting bagi pasien untuk terus meningkatkan kualitas hidup dan mempelajari aktivitas yang menyegarkan semangat, misalnya olahraga.

Melakukan aktivitas fisik berupa olahraga diyakini dapat membantu merasa normal dan mempercepat proses pemulihan. Jika pasien merasa jauh lebih baik dari sebelumnya dalam masa pemulihan covid-19, maka dapat kembali ke rutinitas normal dan melakukan aktivitas fisik, tetapi hindari latihan berat serta olahraga yang bisa memengaruhi sistem pernapasan dan jantung.

Baca juga: Turunkan Berat Badan Bisa Tanpa Diet atau Olahraga Lho, Ikuti 6 Cara Ini 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di JAMA Cardiology, melakukan olahraga saat menderita covid-19 dapat memperburuk gejala dan memicu penyakit lain seperti miokarditis dan radang otot jantung. Maka itu, supaya tetap aman, lakukan saja olahraga ringan.

Mengutip dari Times of India, Rabu (16/12/2020), berikut empat jenis olahraga yang dapat pasien lakukan saat memulihkan diri dari covid-19.

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu latihan termudah dan teraman yang dapat pasien lakukan di rumah. Ini dapat membantu pasien mendapatkan kembali kekuatan dan kebugaran. Namun, jangan berlebihan dan batasi 10 hingga 15 menit.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Kebanyakan Olahraga, Jangan Sampai Terjadi Ya 

2. Senam tangga

Nah, olahraga mudah lainnya adalah senam tangga yang bisa dilakukan dengan sangat nyaman di rumah. Ini tidak menuntut terlalu banyak energi, tetapi akan membantu memperkuat otot-otot kaki.

3. Pawai duduk

Jika merasa terlalu lelah, pasien dapat menempatkan diri pada posisi duduk dan berbaris di tempat yang sama. Ini akan membantu melatih kaki dan akan meningkatkan postur serta keseimbangan.

Baca juga: 10 Olahraga 10 Menit yang Buat Anda Mudah Tidur 

4. Latihan kaki

Pegang pagar atau cari penyangga dinding dan angkat kaki ke samping. Kembali ke posisi awal dan ulangi hal yang sama. Ini akan membuat kaki hangat dan kembali ke fungsi normalnya. Ini juga bisa melatih betis, tetapi caranya mengangkat jari-jari kaki ke atas kemudian menurunkan tumit ke bawah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini