Tidur Mendengkur? Ikuti 5 Cara Ampuh Ini untuk Menghilangkannya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 481 2329060 tidur-mendengkur-ikuti-5-cara-ampuh-ini-untuk-menghilangkannya-W54TywqT3N.jpg Ilustrasi tidur mendengkur. (Foto: Jcomp/Freepik)

MENDENGKUR atau mengorok saat tidur bisa dialami siapa saja. Ini terjadi karena jaringan saluran napas bagian atas seseorang bergetar sehingga membuatnya berisik mengeluarkan suara.

Mendengkur dianggap sebagai masalah umum, sebab banyak orang mengalaminya. Tapi ada juga beberapa orang menganggapnya bukan masalah serius. Lalu ada pula yang mengaitkan dengan masalah kesehatan.

Baca juga: Tidur Miring Bisa Jadi Solusi Mendengkur Praktis 

Tapi tenang saja, masalah mendengkur ini ternyata bisa diatasi lho. Bagaimana caranya? Berikut tips mengatasi dengkuran melalui cara rumahan, seperti dikutip dari Medical News Today.

1. Hindari alkohol dan obat penenang

Kedua zat ini bisa mengendurkan otot, sehingga memicu adanya dengkuran. Obat pembantu tidur hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

2. Redakan hidung yang tersumbat

Hidung tersumbat bisa terjadi karena adanya peradangan. Sehingga saat tidur, muncul dengkuran hidung yang tersumbat.

Baca juga: Teriak 20 Detik Sehari Bantu Kurangi Ngorok Lho 

3. Ubah posisi tidur

Anda bisa mengubah posisi tidur dengan posisi kepala lebih tinggi sedikit dari tubuh beberapa inci. Ini untuk mengatur posisi leher menjadi lebih baik dan nyaman.

4. Jaga berat badan

Pada penderita obesitas, jaringan lemak dapat mengelilingi dan mempersempit jalan napas, sehingga menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan dengkuran.

5. Berhenti merokok

Asap tembakau merupakan bahan iritan yang dapat menyebabkan peradangan jaringan. Saluran napas bagian atas adalah bagian yang sempit, sehingga peradangan dalam jumlah kecil pun dapat membatasi aliran udara.

Baca juga: Suka Ngorok? 5 Alat Ini Ampuh Cegah Kamu Mendengkur 

Tidur mendengkur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini