Begini Cara Sopan Minta Orang-Orang Pakai Masker untuk Cegah Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 612 2328473 begini-cara-sopan-minta-orang-orang-pakai-masker-untuk-cegah-covid-19-Vfh86IlUT4.jpg Ilustrasi penggunaan masker untuk mencegah persebaran covid-19. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

PROTOKOL kesehatan secara ketat harus terus dijalankan di masa pandemi covid-19 ini. Mulai rajin mencuci tangan, menjaga jarak, hingga mengenakan masker. Namun, ada saja beberapa orang berkegiatan di luar ruangan dan menghadiri acara publik tanpa memakai masker atau perlindungan lainnya. Inilah salah satu penyebab jumlah kasus virus corona terus bertambah.

Imbauan kepada mereka untuk terus mematuhi protokol kesehatan wajib dilakukan. Ini demi keselamatan bersama dari wabah covid-19. Lalu caranya juga harus sebaik dan sesopan mungkin supaya orang-orang tersebut bisa menerima dan langsung menerapkannya.

Baca juga: Kelompok Disabilitas dan Autisme Harus Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 

Lalu bagaimana cara yang sopan untuk meminta setiap orang mengenakan masker atau menjalankan protokol kesehatan? Berikut ini langkahnya, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (16/12/2020).

1. Jelaskan pentingnya memakai masker

Masker adalah garis pertahanan pertama melawan covid-19. Ini benar-benar mengurangi risiko infeksi hingga 65 persen dan dapat membuat Anda tetap aman. Salah satu tugas yang menantang saat ini adalah membuat orang lain memahami pentingnya memakai masker. Jelaskan selangkah demi selangkah manfaat dan cara menggunakannya, tentunya dengan bahasa yang lemah lembut.

2. Jangan mempermalukan di depan umum

Pilihan utama dan teraman adalah menjauh dari semua orang yang tidak memakai masker atau tidak mengenakannya dengan benar. Jaga jarak aman setidaknya 1 hingga 2 meter dari kerumunan.

Pada dasarnya manusia tidak suka diatur oleh orang lain. Jadi ketika Anda memintanya mengenakan masker, katakanlah secara perlahan. Sebab jika Anda bersuara keras di depan umum, tentu mereka akan merasa dipermalukan dan menjadi tersinggung.

Baca juga: Bangkitkan Pariwisata, 4 Rute Penerbangan Baru Dibuka di NTT 

3. Mintalah bantuan petugas

Jika tidak memungkinkan untuk menjaga jarak dan Anda berada di area berisiko tinggi maka harus berpikir dua kali sebelum mendekati siapa pun untuk meminta mereka memakai masker. Selain bersikap sopan, pastikan Anda dan mereka berbicara dalam jarak aman dan hanya Anda berdua yang dapat mendengar.

Jika Anda berada di tempat umum seperti stasiun, halte bus, atau restoran, mintalah bantuan petugas untuk mengingatkan pengunjung yang tidak menggunakan masker. Sebab, mereka lebih berhak melakukan itu.

Di sisi lain, Anda tidak dapat mengontrol tindakan orang lain, tetapi pasti dapat mengontrol tindakan diri sendiri. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan, hindari mengunjungi tempat-tempat yang ramai dan risiko penularannya tinggi.

Keamanan Anda selalu ada di tangan sendiri. Jangan mengunjungi pertemuan di dalam ruangan dan hindari tempat umum pada jam sibuk.

Baca juga: Chef Renatta Ungkap Alasan Tak Ada Eliminasi di Top 3 MasterChef Indonesia 

Anak pakai masker

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini