4 Alasan Pentingnya Mempunyai Sahabat

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 612 2328837 4-alasan-pentingnya-mempunyai-sahabat-S97vg5Zard.jpg Teman baik (Foto: Time Out)

Sahabat merupakan teman terdekat dalam hidup kita. Persahabatan bisa berawal dari sekolah, kuliah, maupun pekerjaan. Mereka selalu memberikan dukungan hidup baik dalam suka dan duka.

Persahabatan juga jadi bagian penting dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Bahkan sebagai orang dewasa, teman dapat memiliki pengaruh besar terhadap perasaan, pemikiran, dan perilaku Anda.

Mengutip dari forbes.com, berikut lima alasan mengapa sahabat itu sangat penting bagi kehidupan Anda.

sahabat 

1. Membantu meningkatkan pengendalian diri Anda

Jika Anda sedang berjuang melawan godaan, mengelilingi diri Anda dengan para sahabat yang memiliki kedisiplinan yang tinggi dapat membantu. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Psychological Science melaporkan bahwa ketika orang mulai kehabisan kendali diri, mereka sering mencari orang yang disiplin untuk meningkatkan kemauan mereka.

Sebab pengendalian diri sangat penting untuk mencapai tujuan jangka panjang, berteman dengan orang dengan kemauan keras bisa menjadi rahasia sukses.

2. Sahabat bisa menjadi rahasia umur panjang

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Flinder Australia, setelah mengikuti 1.500 orang selama 10 tahun, peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan jaringan pertemanan yang besar hidup lebih lama dari rekan mereka sebesar 22%. Persahabatan yang baik dapat membantu menangkal depresi dan membuat Anda panjang umur.

3. Teman bisa sangat memengaruhi pilihan Anda

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research menemukan bahwa teman sering kali terikat dengan saling memberikan dukungan moral untuk menahan godaan.

Misalnya jika Anda dikelilingi teman-teman yang bermoral baik, maka Anda akan merasa malu untuk berselingkuh. Sebab teman-teman Anda akan mengingatkan betapa buruknya perbuatan itu.

 Baca juga: Tren Kecantikan 1 Dekade Silam, Masih Cocok Gak Ya?

4. Merasa dicintai

Memiliki banyak sahabat dan teman dekat yang pengertian, memahami perasaan dan posisi Anda, membuat Anda merasa dicintai dan diterima. Perasaan ini membuat Anda jadi lebih bahagia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini