Kenali Ciri-Ciri saat Motivasi Kerja Menurun

Agustina Wulandari , Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 12 2329710 kenali-ciri-ciri-saat-motivasi-kerja-menurun-nWjBW5z7rA.jpg Foto : Dok.CIMB Niaga

Motivasi dalam bekerja dapat diartikan sebagai semangat dan kekuatan yang dimiliki dalam melakukan sebuah pekerjaan. Sebagian besar orang ketika baru mendapat pekerjaan baru akan sangat bersemangat dan tampil dengan baik di awal kariernya. Namun, beberapa tahun kemudian, kegembiraan itu pun memudar. Tugas yang menantang awalnya bisa menjadi hal yang membosankan.

Kinerja yang baik akan didapatkan dari motivasi yang tinggi. Ketika motivasi kerja menurun akan membuat performa dalam bekerja tidak maksimal. Mengalami rasa jenuh dalam dunia kerja merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, saat motivasi menurun dan mengalami kejenuhan yang berlebih akan menjadi awal mula stres kronis atau yang biasa disebut burnout. Hal itu sangat mengancam jenjang karir, produktivitas, hingga menurunnya motivasi untuk #KejarMimpi.

Sebagai pemimpin, Anda harus memastikan orang-orang di sekitar tetap termotivasi. Oleh karena itu, Anda harus mengenali tanda karyawan mulai kehilangan motivasi. Yuk, kenali tanda seseorang yang mulai kehilangan motivasi:

1. Bingung memulai pekerjaan

Perasaan jenuh dan stres yang muncul membuat pekerjaan terasa seperti beban. Pikiran menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Hal itulah yang menyebabkan kebingungan saat ingin memulai pekerjaan dan membuatnya menjadi menumpuk. Atur jadwal yang baik ketika pekerjaan mulai terasa banyak dan tidak kunjung selesai.

2. Berfikir pesimis

Pikiran pesimis akan dialami oleh setiap orang. Terlalu percaya dengan rasa pesimis yang muncul akan menunda keberhasilan dalam bekerja. Ingat, rasa takut yang menghantui dapat menimbulkan lebih banyak pikiran negatif dan membuat kekhawatiran yang tinggi akan terjadinya kegagalan. Padahal, kegagalan merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh setiap orang.

Foto: Dok.CIMB Niaga

3. Melepaskan diri

Karyawan yang punya semangat kerja pasti sering membicarakan pekerjaannya. Anda akan melihat hal tersebut dari karyawan yang mengemukakan ide dan secara konsisten melaporkan kemajuan kerjanya. Para karyawan ini tertarik untuk membuat dampak di sekitarnya. Ketika mulai kehilangan minat, karyawan akan berhenti terlibat. Mereka cenderung terlambat masuk kerja atau sering izin sakit. Anda perlu berbicara dan memberikan tugas baru agar mereka kembali terinspirasi.

4. Kehilangan minat mengembangkan diri

Orang yang masih bersemangat dalam karier pasti terus mengikuti berita terbaru, tren industri, penemuan, dan teknologi. Mereka ingin memperbaiki diri dan belajar. Sebagai pemimpin, Anda harus jeli melihat kebiasaan para anggota tim. Apakah mereka menghadiri konferensi, berlatih, atau belajar hal baru? Apakah mereka memiliki akses untuk menemukan minatnya? Menjelajahi jawaban ini akan membantu Anda menentukan solusi bagi karyawan yang mulai hilang motivasi.

5. Sering izin tanpa alasan yang jelas

Jika karyawan kehilangan motivasi secara dramatis tanpa adanya alasan, maka bisa Anda perhitungkan untuk tetap mempertahankan karyawan tersebut atau melepaskannya saja. Pasalnya ciri yang satu ini menandakan bahwa kemungkinan besar ia sudah tidak ingin lagi ikut terlibat dalam perusahaan.

Demikianlah ciri-ciri motivasi kerja menurun. Segera atasi masalah ini agar tidak mengganggu semangat dan motivasi Anda untuk terus #KejarMimpi. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini