Tingkatkan Penglihatan, 6 Cara Ampuh Ini Bisa Kamu Lakukan

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329207 tingkatkan-penglihatan-6-cara-ampuh-ini-bisa-kamu-lakukan-FkMqoEdgp3.jpg Ilustrasi mata. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

MATA adalah salah satu indera terpenting yang dibutuhkan manusia. Mata berguna sebagai sarana penglihatan dan mengetahui apa pun yang ada di sekitar.

Mata juga salah satu indera yang cukup sensitif, khususnya dengan penyakit seperti rabun hingga kebutaan. Hal ini berakibat buruk bagi penglihatan seseorang, apalagi jika penderita masih berumur kurang dari 50 tahun.

Baca juga: Penelitian Ungkap Sakit Mata Jadi Gejala Baru Covid-19 

Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga dan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Tapi, melakukan pemeriksaan mata hanya salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah cedera atau penyakit yang membahayakan.

Melansir dari Healthline, Kami (17/12/2020), berikut ini enam cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan meningkatkan penglihatan.

1. Konsumsi vitamin dan mineral

Vitamin A, C, dan E, serta mineral zinc mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula. Ini adalah kondisi di mana makula (salah satu bagian mata yang mengontrol penglihatan pusat) dapat memburuk.

Sumber makanan untuk nutrisi penting tersebut antara lain berbagai sayur dan buah yang berwarna-warni; misalnya wortel, paprika merah, brokoli, bayam, stroberi, ubi, jeruk.

Makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami, juga direkomendasikan untuk memberikan kesehatan mata yang lebih baik.

Ilustrasi mata. (Foto: Javi Indy/Freepik)

2. Jangan lupakan karotenoid

Beberapa nutrisi lain juga merupakan kunci untuk meningkatkan penglihatan. Salah satunya adalah lutein dan zeaxanthin yang merupakan karotenoid yang terdapat di retina. Kamu juga bisa menemukannya dalam sayuran berdaun hijau, brokoli, zucchini, dan telur.

Lutein dan zeaxanthin juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata tersebut, dan menyerap sinar ultraviolent dan sinar biru.

Baca juga: Benarkah Biji Apel Beracun? Ini Hasil Penelitiannya  

3. Olahraga

Berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat bisa membantu mata kamu, bukan hanya lingkar pinggang. Diabetes tipe 2, yang lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata.

Kondisi ini disebut retinopati diabetik. Terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah melukai dinding halus arter. Retinopati diabetes menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina (bagian belakang mata yang peka cahaya) mengeluarkan darah dan cairan ke mata yang dapat merusak penglihatan.

Memeriksa kadar gula darah secara teratur dan tetap bugar serta langsing dapat menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2 dan banyak komplikasi lainnya.

4. Cegah penyakit kronis

Diabetes bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat memengaruhi penglihatan. Kondisi lain, seperti tekanan darah tinggi dan multiplesclerosis, bisa berpengaruh pada penglihatan. Kondisi ini terkait peradangan kronis yang dapat membahayakan kesehatan dari ujung rambut hingga kaki.

Radang saraf optik, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan kehilangan penglihatan total. Meskipun penyakit seperti multiplesclerosis tidak dapat dicegah, kamu bisa menanganinya dengan kebiasaan dan pengobatan yang sehat.

Tekanan darah tinggi dapat diobati secara efektif dengan diet jantung sehat, olahraga, dan obat antihipertensi.

Baca juga: Pria Juga Bisa Mengalami Mata Panda, Ini 8 Cara Menghilangkannya 

5. Pakai kacamata pelindung

Ketika sedang bermain bola, raket, bekerja di garasi, atau melakukan eksperimen sains di sekolah, penting untuk melindungi mata dengan kacamata yang sesuai. Kacamata pelindung khusus sangat penting jika ada risiko bahan kimia, benda tajam, atau bahan seperti serutan kayu, pecahan logam, atau bahkan siku yang tersesat selama pertandingan bola basket, memasuki mata.

Banyak kacamata pelindung dibuat dengan jenis polikarbonat yang sekira 10 kali lebih kuat daripada bentuk plastik lainnya.

Ilustrasi kacamata hitam

6. Pakai kacamata hitam

Kacamata hitam bukan hanya untuk terlihat keren. Mengenakan kacamata pelindung adalah salah satu langkah terpenting yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penglihatan.

Kamu butuh kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari. Kacamata hitam membantu melindungi mata dari kondisi yang berasal dari kerusakan.

Ini termasuk katarak, degenerasi makula, dan pterigium atau pertumbuhan jaringan di atas bagian putih mata. Pterigium dapat menyebabkan astigmatisme yang membuat penglihatan kabur atau minus.

Memakai topi juga bisa membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca juga: Rentan Iritasi, Ini Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kering 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini