Yuk Mulai Hidup Sehat, Hindari Gula Berlebih dengan 6 Cara Ini

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329252 yuk-mulai-hidup-sehat-hindari-gula-berlebih-dengan-6-cara-ini-ZgvZ89d0Cn.jpg Ilustrasi konsumsi gula. (Foto: Jcomp/Freepik)

MENGHINDARI asupan gula berlebih adalah keputusan yang bagus untuk membuat gaya hidup lebih sehat. Meskipun melakukannya tidak mudah, manfaatnya sepadan, karena kadar gula yang tinggi telah terbukti memiliki efek negatif pada tubuh.

Dikutip dari Healthline, Kamis (17/12/2020), sebuah penelitian telah mengaitkan asupan gula berlebih dengan berbagai kondisi medis, termasuk obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta kesehatan gigi yang buruk.

Baca juga: Bau Urine Tak Sedap Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2 

Gula juga dapat mengurangi tingkat energi yang menyebabkan kelelahan dan berkurangnya kewaspadaan di siang hari. Lalu menurut ulasan tahun 2019, mengonsumsi gula berlebih dapat menjadi faktor penyebab depresi.

Mengurangi kadar gula pada makanan bisa membantu melindungi dari penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ilustrasi diabetes

Jika terbiasa memakan makanan manis seperti kue, es krim, sereal sarapan yang dimaniskan, permen, dan kue, serta rutin minum minuman yang dimaniskan dengan gula, mungkin perlu waktu untuk mengurangi ketergantungan ini. Bagi sebagian orang, memotong semua bentuk gula tambahan dari makanan mereka sangat membantu.

Membuat perubahan kecil pada asupan gula bisa memengaruhi kesehatan secara signifikan. Ikuti tips bermanfaat ini untuk perlahan-lahan mengurangi asupan gula.

1. Ganti minuman manis dengan air mineral

Hentikan konsumsi soda manis, jus buah, dan minuman berenergi, lalu gantilah dengan air putih. Jika Anda ingin menambah rasa, tambahkan perisa mint, irisan lemon, atau jeruk nipis.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Air Kelapa? Ini Jawabannya

2. Mulai hari dengan kurangi gula

Isi tubuh dengan protein dan telur dadar kaya serat yang dibuat dengan sayuran serta alpukat dan buah beri segar.

3. Perhatikan label makanan kemasan

Banyak makanan dan bumbu merupakan sumber gula berlebih. Hindari label produk yang mengandung kadar gula berlebih seperti saus salad, saus barbekyu, paket oatmeal, dan saus marinara untuk memindai gula tambahan.

4. Pilih camilan tanpa pemanis

Pilih camilan utuh padat nutrisi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, buah utuh dan selai kacang, sayuran, atau telur rebus saat membutuhkan energi tambahan.

Baca juga: Hari Diabetes Sedunia, Kenali Penyebab Penyakit Ini Semakin Banyak 

5. Pikirkan lagi tentang makanan penutup

Menghindari segelas es krim favorit atau permen setelah makan malam. Jika benar-benar lapar, pilihlah sesuatu yang tinggi protein dan lemak sehat seperti segenggam kacang macadamia atau yogurt tanpa pemanis dengan buah beri dan kelapa.

6. Fokus diet

Mengoptimalkan kepadatan nutrisi dari keseluruhan diet dapat membantu meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi tambahan gula. Fokuslah pada makanan utuh yang tidak diproses seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, unggas, telur, dan makanan laut.

Baca juga: Waduh, Warga Kota Ini Konsumsi Gula Tertinggi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini