Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Ganti Lensa Kontak dengan Kacamata

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329364 cegah-covid-19-dokter-mata-sarankan-ganti-lensa-kontak-dengan-kacamata-813YxfXdb8.jpg Ilustrasi kacamata bisa cegah covid-19. (Foto: Prostooleh/Freepik)

MATA terbukti bisa jadi pintu masuk virus SARS-CoV2 penyebab covid-19. Bahkan, air mata pasien covid-19 terbukti menjadi medium penyebaran virus yang sudah menewaskan lebih dari 1,6 juta jiwa secara global.

Melalui fakta tersebut, Direktur Uveitis Clinic di National Eye Institute, Bethesda, H Nida Sen MD, menyarankan agar setiap orang memastikan tangannya selalu dalam kondisi bersih dan mengurangi kebiasaan mengucek mata.

Baca juga: Perempuan yang Sembuh dari Covid-19 Bisa Alami Gejala Baru Lho 

"Saya menganjurkan untuk masyarakat rutin mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh bahkan mengucek mata karena berbagai alasan, bukan hanya karena risiko covid-19. Ya, Anda dapat menularkan infeksi dari tangan Anda yang kotor lewat mata," kata Sen, seperti dikutip dari WebMD, Kamis (17/12/2020).

Menjadi perhatian semua orang ialah di lingkungan tempat kita hidup ini banyak sekali virus dan bakteri penyakit. Maka itu, mengurangi kontak tangan dengan mata menjadi cara terbaik untuk menghindari Anda terpapar penyakit.

Selain itu, Sen yang juga seorang dokter mata menyarankan agar para pengguna lensa kontak beralih menggunakan kacamata. "Itu membantu mengurangi sentuhan mata secara langsung," terangnya.

Kemudian, sambung dia, kacamata juga menjadi alat penghalang mekanis untuk menjauhkan tangan dari mata.

"Kacamata mungkin menghalangi mata dari beberapa tetesan jika Anda dekat dari orang yang bersin atau batuk, sekalipun kacamata tidak tertutup rapat di tepinya," kata Edward E Manche MD, seorang profesor oftalmologi di Stanford University Medical School.

Baca juga: Kenali Efek Samping Usai Divaksin Covid-19 

Meski kacamata dianggap penting, Manche tidak mewajibkan masyarakat menggunakan penutup mata seperti apa yang dikenakan para tenaga kesehatan.

"Saya masih meyakini bahwa penularan utama covid-19 itu melalui saluran hidung dan sistem pernapasan, meski ada sedikit kasus infeksi lewat mata," katanya.

Soal jangan menyentuh wajah dan mata pun dianggap Manche sebagai upaya sederhana yang bisa dilakukan setiap orang.

"Jangan sentuh wajah, hidung, mulut, mata, pun benda-benda di sekitar Anda yang kerap disentuh banyak orang juga. Ini semua harus diimbangi juga dengan rutin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker," saran Manche.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bahayanya Pakai Masker Kotor atau Berulang 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun tidak merekomendasikan setiap orang untuk menggunakan pelindung mata. Tapi, menjadi berbeda untuk para tenaga kesehatan.

"Merekomendasikan tenaga kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 melalui tetesan dengan menggunakan pelindung mata," jelas CDC.

Baca juga: Survei: Tukang Selingkuh Ngebet Divaksin Covid-19 

Lensa kontak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini