Menderita karena Sariawan? Yuk Atasi Pakai 6 Obat Rumahan Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329767 menderita-karena-sariawan-yuk-atasi-pakai-6-obat-rumahan-ini-rjUVL36fon.jpg Ilustrasi sariawan. (Foto: Indiatimes)

SAKIT sariawan di mulut bisa dialami siapa saja. Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya sangat menderita karena jika sariawan tersentuh apa pun menimbulkan rasa perih. Sariawan sendiri terjadi akibat infeksi jamur Candida albicans pada selaput mulut.

Karen Gill, dokter anak dan lulusan University of Southern California, mengatakan sariawan bisa disembuhkan dengan obat antijamur atau mudahnya menggunakan obat rumahan.

Baca juga: Anak Sariawan, Obat Oles atau Kumur yang Manjur Diberikan? 

Lalu apa saja obat rumahan untuk mengatasi sariawan tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (17/12/2020).

Sariawan

1. Air garam

Mengumurkan air garam pada mulut dapat membantu meredakan gejala sariawan. Ini karena garam memiliki antiseptik, pembersih, dan penenang. Caranya tinggal melarutkan ½ sendok teh garam di segelas air hangat dan kumurkan.

2. Plain yogurt

Yogurt tanpa rasa mengandung probiotik yang dapat membantu mengobati sariawan. Bakteri baiknya dapat menghentikan pertumbuhan jamur Candida dan menyeimbangkan bakteri jahat dan baik di mulut. Ini juga bisa menjadi makanan yang lembut saat kesulitan menelan dan tenggorokan terluka akibat sariawan.

Baca juga: Tanda-Tanda Anak Alami Sariawan, Mudah Banget Ditebak! 

3. Perasan air lemon

Perasan air lemon memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang efektif melawan Candida albicans penyebab sariawan. Tambahkan setengah perasan air lemon ke segelas air hangat atau dingin. Cairan ini bisa diminum atau dikumurkan saja. Beberapa orang langsung mengoleskannya ke luka sariawan, tapi perlu diingat ini akan menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.

4. Kunyit

Kunyit memiliki kurkumin yang berperan sebagai antiinflamasi dan antijamur. Mengombinasikan kurkumin kunyit dengan piperine pada lada hitam dapat membantu penyerapan lebih cepat. Panaskan susu dengan menambahkan sejumput kunyit dan lada hitam. Lalu minum seperti biasa.

Baca juga: Manfaat Kencur untuk Cegah Jerawat hingga Bantu Sembuhkan Sariawan 

5. Minyak cengkeh

Di dunia kedokteran gigi minyak cengkeh digunakan sebagai antiseptik dan pereda nyeri. Ini bisa digunakan juga untuk mengobati luka sariawan yang sedang dialami. Buat obat kumur dengan merebus satu sendok teh cengkih dan segelas air. Di sebagian orang akan menyebabkan alergi dan mati rasa.

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antijamur dan merupakan pengobatan alternatif yang baik untuk penderita stomatitis gigi tiruan. Kumurkan air yang telah dicampur dengan 1 sendok teh cuka apel. Berhati-hatilah karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dan menyakitkan di mulut.

Baca juga: Puasa Sangat Rentan dengan Sariawan, Kenapa? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini