Waspada Anemia, Ini Cara Mengetahuinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329775 waspada-anemia-ini-cara-mengetahuinya-lHI70jBRNQ.jpg Ilustrasi periksa anemia. (Foto: Welcomia/Freepik)

ANEMIA atau kurang darah masih menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia, salah satunya dialami ibu hamil. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, jumlah ibu hamil mengalami anemia sebesar 37,1 persen. Lalu pada 2018 jumlahnya makin banyak hingga mencapai 48,9 persen.

Spesialis Gizi dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FK UI dr Nurul Ratna Mutu Manikam MGizi SpGK mengatakan sebesar 50 sampai 60 persen anemia disebabkan defisiensi besi. Bahkan sebagian besar masyarakat tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami anemia.

Baca juga: Hati-Hati, Mayoritas Penderita Anemia Ibu Hamil Usia Muda 

Dalam webinar bertajuk 'Kekurangan Zat Besi Sebagai Isu Kesehatan Nasional di Indonesia dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Anak Generasi Maju', Kamis 17 Desember 2020, dr Nurul membagikan cara mengidentifikasi anemia, yaitu:

Anemia

1. Kenali gejala klinis

Ada keluhan cepat lelah, pusing, pucat, dan pika (mengunyah atau makan benda tertentu yang bukan makanan). "Misalnya es batu atau mengunyah kertas atau tisu. Ada lagi yang lebih parah, dia anemia dan ngunyahnya sabun. Setelah diperiksa, anak ini mengalami gangguan tertentu," terang dr Nurul.

Baca juga: Anak Menderita Anemia, Ini Dampak Jangka Pendek dan Panjangnya 

2. Pemeriksaan laboratorium

Pada saat cadangan zat besi dalam tubuh (feritin), jika semuanya masih cukup, maka ini aman. Tapi pada saat cadangan feritin turun yakni di bawah 15, maka bahayanya ketika cek hemoglobin (HB) masih terlihat normal.

"Dampak berikutnya, cadangan turun, transporternya atau saturasinya itu pun menurun. Di saat ini HB masih normal. Ada pula saat HB sudah turun. Jika HB sudah turun, maka bisa dipastikan cadangan zat besi atau feritin dan transporter-nya sudah mengalami gangguan," tambahnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini