Kurang Zat Besi Pengaruhi Kondisi Psikologis Anak, Kenali Cirinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 481 2329783 kurang-zat-besi-pengaruhi-kondisi-psikologis-anak-kenali-cirinya-rGjGeiQIme.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Victoria Borodinova/Pixabay)

SETIAP orangtua pasti menginginkan anak mereka tumbuh dan berkembang secara optimal. Sayangnya masih banyak orangtua yang tidak tahu mengenai apa saja yang diperlukan anak agar dapat tumbuh dengan optimal. Salah satunya adalah zat besi.

Psikolog anak Anna Surti Ariani SPsi MSi Psikologi mengatakan ada dua hal penting yang dibutuhkan anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Masing-masing adalah stimulasi yang tepat serta nutrisi yang lengkap.

Baca juga: Ini Peran Penting Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak 

"Dalam kasus ini salah satu nutrisi yang diperlukan oleh anak adalah zat besi," ucap Anna dalam webinar bertajuk 'Kekurangan Zat Besi Sebagai Isu Kesehatan Nasional di Indonesia dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Anak Generasi Maju', Kamis 17 Desember 2020.

Anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Pada kesempatan ini ia juga menjelaskan dampak yang terjadi pada kondisi psikologis si kecil apabila kekurangan zat besi, yakni:

1. Terhambatnya tumbuh kembang.

2. Kualitas tidur bermasalah.

3. Kecerdasan tidak optimal.

4. Risiko lebih besar alami masalah kesehatan mental.

5. Mudah marah.

Baca juga: Anak Menderita Anemia, Ini Dampak Jangka Pendek dan Panjangnya 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini