Beautypedia, Apa Itu Parfum?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 611 2329331 beautypedia-apa-itu-parfum-vzbGtYn46f.jpg Pakai parfum (Foto: Shutterstock)

Selama ini, perfum digunakan orang-orang untuk menutupi bau badan. Saat menggunakan parfum, orang-orang di sekitar kita bisa mendapatkan kesegaran dari aroma parfum yang kita gunakan.

Mengingat fungsinya yang sangat bermanfaat, sebenarnya apa sih parfum itu? Mengutip Auracacia, awalnya parfum dibuat hanya dengan minyak esensial dan aromatik lainnya yang disuling dari alam.

 memakai parfum

Namun saat ini, parfum dibuat dengan campuran kompleks hidrokarbon aromatik yang berasal dari minyak bumi dan beberapa minyak esensial dan bahan penyusunnya. Campuran ini diencerkan dalam basis alkohol rafinasi yang mudah menguap pada penurunan kekuatan untuk membuat ekstrak parfum, parfum, atau cologne.

Dahulu, parfum dibuat hanya dari resin, minyak, dan tumbuhan yang diturunkan dari alam. Alih-alih alkohol, pembawa aroma sering kali berupa minyak, lemak, atau lilin.

Parfum tersebut dibuat dengan merendam bunga, daun, dan rempah-rempah yang harum ke dalam minyak seperti minyak zaitun. Dengan menyaring minyak dan mengisinya berulang kali dengan tumbuhan segar, peningkatan tingkat kekuatan aroma akan dicapai.

Sedangkan parfum dengan tekstur yang lebih pekat dibuat dibuat dari biji dan mentega kacang atau bahan dasar lilin lebah dan/atau resin yang dilelehkan ke dalam minyak infus aromatik. Saat campuran didinginkan akan menjadi setengah padat pada suhu kamar tetapi meleleh saat diratakan di atas kulit.

 Baca juga: Prewedding Vicky Prasetyo Jadi Gladiator Cinta, Siap Jaga Hati Kalina Oktarani

Jadi, parfum mana yang menjadi favorit Anda untuk digunakan sehari-hari? Apapun jenisnya, usahakan agar tidak menggunakan parfum terlalu banyak agar orang di sekitar kita tidak terganggu dengan aroma yang ditimbulkan parfum tersebut ya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini