5 Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaganya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 611 2329443 5-cara-terbaik-untuk-menurunkan-berat-badan-dan-menjaganya-gqRhs87B7G.jpg Ingin menurunkan berat badan (Foto: Healthline)

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Karena selain harus berolahraga secara rutin, Anda juga harus benar-benar menjaga pola makan.

Jika Anda hanya melakukan kedua hal tersebut di awal, berat badan Anda pun bisa kembali seperti semula, atau bahkan lebih gemuk dari sebelumnya.

Kendati demikian, berikut Okezone berikan 5 cara terbaik untuk menurunkan berat badan serta cara menjaganya tetap stabil, sebagaimana dilansir Times of India pada Kamis (17/12/2020).

 menimbang

1. Timbang berat badan seminggu sekali

Meski Anda telah mencapai target berat badan yang Anda inginkan, bukan berarti Anda tidak pernah mengecek berat badan Anda. Menurut beberapa penelitian, mereka yang tidak mengecek berat badan secara rutin lebih lama dalam menurunkan berat badan.

Karena pada dasarnya, Anda tidak akan sadar jika berat badan Anda naik 1 atau 2 kilo. Makanya, timbanglah berat Anda setidaknya seminggu sekali. Jangan lupa pilih hari dan jam yang sama juga ya.

2. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji

Saat menurunkan berat badan, penting bagi Anda untuk menghitung kalori serta nutrisi yang terkandung dalam makanan. Namun, jangan terpikat oleh makanan yang dipasarkan dan paket makanan, yang mungkin mengandung zat aditif dan menjalani prosesi.

Pastikan Anda memiliki banyak makanan segar buatan sendiri dan persiapan makanan sendiri. Melacak kalori Anda sendiri dan menyusun menu juga membantu.

3. Konsumsi protein

Menjadi sangat penting untuk disiplin dalam mengonsumsi makanan saat menurunkan berat badan. Akan tetapi, mengonsumsi lebih banyak protein dan kacang-kacangan sangat dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan.

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, berfungsi sebagai energi dan menyebabkan rasa kenyang serta menjaga tingkat metabolisme dalam tubuh.

4. Konsumsi karbohidrat

Tidak semua karbohidrat buruk untuk Anda. Jika Anda berpikir untuk memasukkan kembali karbohidrat ke dalam makanan Anda atau kembali dari diet Anda, lakukan dengan hati-hati. Makan lebih sedikit yang olahan, dan konsumsi karbohidrat rendah berkualitas baik yang memiliki nilai gizi.

 Baca juga: Prewedding Vicky Prasetyo Jadi Gladiator Cinta, Siap Jaga Hati Kalina Oktarani


5. Lebih pintar saat berolahraga

Olahraga memang dibutuhkan saat Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Daripada melakukan gerakan yang sama, pikirkan untuk bereksperimen dengan gaya yang lebih baru, termasuk latihan yang berbeda atau sedikit mengurangi intensitas. Tapi ingatlah untuk konsisten.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini