Kesal Wajah Berjerawat karena Pakai Masker? Makanya Ikuti Tips Berikut

Husmilia Nur'Afriza, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 611 2329723 kesal-wajah-berjerawat-karena-pakai-masker-makanya-ikuti-tips-berikut-YeVHzksY3l.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMAKAI masker memang wajib dilakukan saat kita mengunjungi tempat-tempat umum, apalagi yang menjadi kerumunan. Tapi memakai masker terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah lain loh.

Pemakaian masker, apalagi yang sudah kita gunakan lama, bisa membuat jerawat atau yang biasa disebut dengan acne mask. Biasanya, jerawat yang timbul hanya berada di area yang terkena masker seperti pipi bagian bawah, dagu dan cupid hidung.

Dilansir dari CNN Underscored, menurut Dr. Hadley King, kita membutuhkan masker yang tepat. Menurutnya, masker tersebut tidak menyebabkan kulit wajah kita lecet, luka, kemerahan, jerawat, iritasi dan hiperpigmentasi.

masker

Dokter kulit asal New York ini juga menambahkan bahwa kita tidak perlu memakai masker yang terlalu ketat dan masker yang digunakan harusnya lembut agar tidak menggesek kulit wajah kita.

"Jika Anda melihat iritasi semacam ini setelah melepas masker, basuhlah area tersebut dengan air dan pembersih lembut, lalu oleskan salep untuk membantu menyembuhkan kulit," jelasnya.

Lalu, apakah memakai riasan wajah saat memakai masker tidak bermasalah?. Dr. King menjelaskan bahwa ia tidak menyarankan pemakaian produk makeup di balik masker. Tetapi, jika ingin tetap memakai makeup maka kita harus menyesuaikan kondisi kulit kita di saat ini.

Usahakan untuk meminimalkan makeup agar kulit dapat bernapas. Disarankan untuk menggunakan produk makeup yang non-comedogenic atau anti komedo yang dapat menyumbat pori-pori.

Untuk pemilihan masker, Dr. Harold Lancer, seorang dokter kulit sekaligus founder dari Lancer skincare menyarankan sebaiknya kita menggunakan masker medis yang sesuai standar umum.

“Jika Anda membuat masker sendiri, gunakan kain katun 100% untuk membuatnya. Karena, semakin sintetis suatu bahan, semakin banyak retensi panas yang terjadi pada kulit yang ditutupi oleh masker. Hal ini kemungkinan akan menyebabkan iritasi, jadi pastikan untuk menghindarinya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini