5 Tips Negosiasi Gaji, Jangan Takut untuk Menolak Tawaran Kecil!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 612 2329536 5-tips-negosiasi-gaji-jangan-takut-untuk-menolak-tawaran-kecil-EnFlVOw2b2.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEBANYAKAN orang akan bingung ketika mereka ditanyakan berapa gaji yang diharapkan, ketika menghadapi wawancara kerja. Ada dilema terjadi, karena kita biasanya ingin memberikan gaji tinggi tapi takut tidak diterima.

Pada akhirnya, banyak yang mengatakan menyerahkan pada keputusan kantor. Meskipun ini mungkin tampak seperti tugas yang sulit, sebagian besar kandidat cenderung mengabaikan pentingnya negosiasi gaji.

Karena itu, melansir Times of India, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menegosiasikan gaji dengan lebih baik.

gaji

Ketahui nilai Anda

Hal terpenting adalah memahami nilai Anda sebagai kandidat di pasar. Dengan pengalaman Anda dikumpulkan di pekerjaan sebelumnya, sekolah, perguruan tinggi atau universitas, Anda harus memiliki pengalaman yang tepat untuk pekerjaan yang dibutuhkan. Jadi jangan ragu untuk menegosiasikan gaji Anda karena Anda pantas mendapatkannya.

Miliki profil yang selalu siap

Bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang layak mungkin tampak sangat baik, tetapi Anda juga harus memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk itu. Ingatlah bahwa kualitas dan nilai Anda di pasar bergantung pada kemampuan dan kualifikasi profesional Anda.

Lakukan riset dengan perekrut

Selalu balas telepon dari calon perekrut. Berkomunikasi dan berbicara dengan mereka akan memberi Anda banyak ide tentang gaji rata-rata yang disediakan perusahaan untuk peran Anda. Masuk ke proses perekrutan tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang gaji Anda, juga akan menunjukkan Anda sebagai kandidat yang tidak berpengetahuan.

Jangan takut untuk menolaknya

Jika Anda tampak terlalu berminat untuk pekerjaan, kemungkinan besar perekrut akan mencoba bernegosiasi dengan Anda dengan hati-hati dan membuat Anda menyetujui gaji yang dinegosiasikan.

Jika Anda merasa jumlahnya tidak sesuai dengan harapan Anda, maka putuskan untuk bangkit dan menolak tawaran tersebut. Jangan tampak terlalu putus asa untuk pekerjaan itu, itu secara otomatis membuat Anda berada di jalan untuk waktu yang sulit di kantor.

Mulailah dengan gaji tertinggi

Saat meneliti tentang gaji rata-rata yang diberikan oleh pasar untuk peran pekerjaan Anda, pahamilah bahwa Anda juga harus merasa berhak atas gaji dengan gaji tertinggi, jika pengalaman dan kemampuan kerja Anda setara.

Saat bernegosiasi, mulailah dengan gaji tertinggi. Kemudian, perekrut jelas akan mulai bernegosiasi dengan Anda, menyebabkan gaji menjadi ukuran gaji menengah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini