Cara Mengetahui Kepribadian Orang Lain, Dicoba Yuk

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 612 2329561 cara-mengetahui-kepribadian-orang-lain-dicoba-yuk-6ADajq1Lbp.jpg Mengenal kepribadian orang (Foto: The Frisky)

Tiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Begitupun dengan caranya berkomunikasi dengan orang baru. Beberapa orang tidak kesulitan untuk mengenal orang lain.

Bahkan mereka bisa bertindak selayaknya teman yang sudah lama kenal. Namun, tidak semua orang bisa semudah itu menghadapi orang baru.

Nah, berikut cara mengetahui kepribadian orang lain agar lebih mengenal seseorang seperti dilansir dari Healthline.

mengobrol 

1. Ajukan pertanyaan yang tulus

Jika Anda ingin mengenal seseorang Anda akan melontarkan pertanyaan kepadanya. Atau mungkin Anda kesulitan berkomunikasi tanpa bertanya sama sekali.

Pastikan Anda mengajukan pertanyaan yang benar-benar ingin Anda tanyakan. Jangan membuat percakapan yang hanya membuatmu saja yang berbicara.

Bukankah semua orang menyukai film? Coba tanyakan, “Menonton film bagus apa akhir-akhir ini?”

 

2. Fokus pada pertanyaan yang memajukan percakapan

Jangan asal mengajukan pertanyaan. Buatlah topik yang dapat mengembangkan percakapan kalian.

Liatlah apa yang sedang dia kerjakan atau benda-benda yang ada di sekitarnya. Misalnya jika Anda melihat wallpaper laptonnya bergambar artis idolanya, Anda bisa bertanya, “Wah! Ada foto (nama idolanya), apakah kamu menyukainya?”

Tak perlu memaksakan pertanyaan, biarkan mengalir. Orang secara alami mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri dari waktu ke waktu.

3. Hindari pertanyaan cepat

Jika kamu tertarik kepada seseorang, Anda ingin tahu lebih banyak tentang dia secepatnya. Namun, mengoceh dengan banyak pertanyaan bukan Langkah terbaik. Anda akan mengetahui jawaban yang ingin ada ketahui cukup dengan menanyakan pertanyaan bijak seperti, “Apakah kamu menghabiskan banyak waktu dengan keluarga?"

Kemungkinan dia akan memberikan jawaban yang lebih baik daripada yang kamu bayangkan dan Anda akan mengetahui soal dirinya.

4. Menerima kecanggungan

Saat merasakan jeda dalam percakapan, orang sering kali langsung mengajukan pertanyaan cepat dan dangkal. Tapi kecanggungan merupakan awal yang normal terjadi.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan, biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu bulan agar pola percakapan bisa menyesuaikan diri dengan nyaman.

Sementara itu, usahakan untuk tidak larut dalam keheningan atau rasa canggung yang ada.

5. Dengarkan jawaban mereka

Tak hanya mengajukan pertanyaan, tapi kamu juga perlu mendengarkan dan memperhatikan jawaban mereka. Ini akan menunjukkan kalau Anda memiliki ketertarikan yang tulus terhadap apa yang mereka katakan.

Baca juga: Prewedding Vicky Prasetyo Jadi Gladiator Cinta, Siap Jaga Hati Kalina Oktarani

6. Perhatikan bagaimana mereka menanggapinya

Anda dapat memperhatikan gerak geriknya, jika mereka tampak bersemangat berarti topik yang Anda buat menarik baginya. Namun jika mereka memalingkan tubuh atau kepalanya, mengabaikan pertanyaan, atau memberikan jawaban singkat berarti mereka tidak terlalu tertarik.

Belajar mengenali minat seseorang dapat membantu Anda berkomunikasi dengan baik. Mungkin, orang lain kurang tertarik untuk berbicara dengan Anda karena Anda terus mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak terlalu mereka perdulikan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini