Apakah Salah Jika Kita Tak Bisa Memaafkan Orang?

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 612 2329595 apakah-salah-jika-kita-tak-bisa-memaafkan-orang-5EkNshLfYC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KETIKA seseorang meminta maaf atas kesalahan yang mereka buat, memang kita wajib untuk memaafkannya. Tapi, bukan berarti kita harus langsung memaafkan kesalahan mereka.

Terkadang, ada waktu di mana seseorang melukai hati Anda terlalu dalam. Alih-alih menerima maafnya, terkadang kita meninggalkannya tanpa kata. Lalu apakah tindakan tersebut benar?

Melansir dari Romper, seorang konselor kesehatan mental menyatakan bahwa tidak masalah saat tidak menerima maaf dari seseorang.

Melupakan dan move on bisa juga menjadi pilihan yang tepat. Tapi bukan berarti Anda membenarkan perlakuannya. Semua tergantung pada individu masing-masing dan keadaannya, seperti berikut ini.

putus cinta

Permintaan maaf tidak tulus

Permintaan maaf adalah ekspresi penyesalan atas kesalahan yang dilakukan. Saat seseorang memperlakukan Anda buruk dan dia tidak meminta maaf dengan tulus. Maka, akan benar-benar tidak masalah jika Anda tidak menerimanya.

Saat Anda tidak siap

Anda berhak menunda jawaban dari permintaan maaf seseorang saat belum siap menerimanya. Berikan dia alasan yang jelas kenapa Anda belum bisa sekarang agar tidak menumbuhkan salah paham.

Saat Anda siap mengakhiri hubungan

Mungkin ada saatnya Anda siap untuk mengakhiri hubungan karena kesalahannya tersebut. Maka bukan masalah jika Anda memutuskan untuk tidak menerima maafnya.

Saat permintaan maafnya tidak jelas

Saat seseorang yang meminta maaf tidak benar-benar mengerti akan kesalahannya, bisa dikatakan itu juga bukan permintaan maaf yang tulus. Bagaimana bisa memaafkan kesalahan yang dia saja tidak memahaminya.

Masih Trauma

Tidak semua orang yang mengalami trauma bisa memaafkan. Karena kesembuhannya adalah yang paling penting. Anda perlu ketenangan dan merelakan apa yang telah terjadi. Dahulukanlah selalu yang terbaik untuk diri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini