Bisa Redakan Asma, Simak Sederet Manfaat Tersembunyi Bunga Lavender

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 612 2329665 bisa-redakan-asma-simak-sederet-manfaat-tersembunyi-bunga-lavender-9Vk6pMjYPc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUNGA lavender memang dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengusir nyamuk. Tapi jangan salah, sebenarnya bunga lavender juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan kita loh.

Dilansir dari Everyday Health, lavender biasa digunakan sebagai ramuan suci dan wewangian untuk pakaian dan rambut. Tidak heran jika bunga ini memiliki efek terapeutik. Lantas apa saja manfaat bunga lavender lainnya?

Membantu meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak esensial lavender bisa menjadi obat efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. Sehingga sangat cocok untuk penderita insomnia.

Mengobati masalah kulit

Menurut sebuah jurnal, mengoleskan minyak lavender ke area kulit yang berjerawat, eskim, dan radang dipercaya bisa meredakannya. Antioksidan yang terdapat pada minyak lavender bekerja sebagai penyembuh luka.

bunga lavender

Obat alami untuk nyeri-nyeri

Studi menemukan bahwa aroma terapi lavender menjadi obat yang efektif untuk nyeri pasca operasi. Minyaknya mengandung linalyl acetate, linalool, dan polisakarida. Studi lain mengungkapkan, molekul-molekul tadi manjur dalam menyembuhkan penyakit inflamasi seperti artritis dan rematik.

Meredakan gejala asma

Antiinflamasi pada lavender dapat memperbaiki asma bronkial. Minyak esensialnya berdampak bagus pada pernapasan, meredakan peradangan alergi, dan hyperplasia lendir.

Mengurangi pertumbuhan jamur

Menurut sebuah penelitian, lavender memiliki antijamur yang bagus untuk mengobati kutu air dan kurap.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini