Makan di Restoran Saat Pandemi, Lakukan Hal Ini Supaya Aman

Agustina Wulandari , Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 12 2330077 makan-di-restoran-saat-pandemi-lakukan-hal-ini-supaya-aman-I3FQCraXRu.jpg Foto : Freepik

MAKASSAR - Bisnis restoran ikut terkena imbas Pandemi Covid-19. Beberapa daerah secara tegas membuat aturan larangan makan langsung di tempat, tetapi ada juga wilayah yang melonggarkan.

Beberapa konsumen ada yang memilih membungkus makanan untuk disantap di rumah, tapi ada juga sebagian memilih makan di restoran dengan berbagai pertimbangan. Apa saja hal yang perlu menjadi perhatian bagi konsumen yang ketika memutuskan makan di tempat?

1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Salah satu langkah preventif yang dinilai efektif cegah penularan Covid-19 adalah sering mencuci tangan. Dengan senantiasa mencuci tangan menggunakan sabun, virus yang menempel di tangan akan mati. Termasuk saat berada di restoran, aktivitas ini wajib dilakukan.

2. Memilih Restoran yang Tidak Terlalu Ramai

Memilih restoran yang tidak terlalu ramai merupakan pilihan terbaik agar tidak terjadi kerumunan. Memilih waktu kedatangan seringkali dijadikan strategi agar tidak terjebak dalam restoran yang ramai pengunjung.

3. Mengecek Kelengkapan Protokol Kesehatan Pelayan

Sebelum memutuskan untuk makan di restoran, pastikan protokol kesehatan diterapkan secara disiplin di tempat tersebut. Salah satunya adalah kesiapan tenaga pelayanan dan orang yang terlibat dalam proses produksi makanan di restoran.

4. Bijak Memilih Restoran

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survei terlebih dulu restoran yang ingin dituju. Pastikan untuk memilih restoran yang sudah terkenal baik akan kebersihannya dna mentaati aturan protokol kesehatan.

5. Meja Harus Berjarak Minimal Satu Meter

Tata letak restoran juga menjadi hal yang harus diperhatikan pengunjung. Restoran atau tempat makan sangat disarankan untuk menerapkan jarak bagi para pengunjung dengan cara penataan meja berjarak satu meter.

6. Berjaga-jaga Membawa Peralatan Makan Sendiri

Selain menggunakan dan membawa masker, di era adaptasi baru ini disarankan juga untuk membawa botol minum, hingga alat makan sendiri saat dine in di restoran. Membawa alat makan sendiri bisa menjamin kebersihan dan keamanan diri sendiri dan juga orang lain.

7. Jika Memungkinkan Pilih Tempat Duduk di Luar

Restoran outdoor atau tempat duduk di luar disebut-sebut jadi solusi di tengah pandemi. Sebab sirkulasi udara outdoor lebih baik ketimbang indoor dimana virus bisa terperangkap saat perputaran udara di dalam tak berjalan sebagaimana mestinya.

8. Sebisa Mungkin Menggunakan Pembayaran Non Tunai

Perlu upaya untuk masyarakat agar tetap menjaga jarak saat beraktivitas sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan motode pembayaran non tunai. Dengan metode pembayaran non tunai, masyarakat dapat meminimalisir kontak langsung saat bertransaksi. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

9. Meminta Petugas Membersihkan Ulang Meja yang Akan Ditempati

Untuk memastikan agar meja resto yang akan ditempati benar-benar bersih, maka tidak ada salahnya meminta petugas membersihkan ulang.

10. Mengelap Sendok atau Garpu yang Akan Digunakan

Tidak ada salahnya untuk mengecek kembali kebersihan alat-alat makan yang digunakan di restoran, seperti sendok atau garpu. Bisa di lap menggunakan tisu sehingga kebersihan tetap terjaga. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini