Jangan Salah Lagi Ya, Ini Cara Makan Sushi yang Benar

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 298 2330324 jangan-salah-lagi-ya-ini-cara-makan-sushi-yang-benar-S8Q5IsQIyp.jpg Makanan sushi asli Jepang. (Foto: Stockking/Freepik)

SUSHI adalah salah satu makan populer yang digemari banyak orang. Makanan dari Jepang ini jelas lezat dan banyak memiliki nutrisi baik.

Namun nyatanya tidak sedikit orang yang masih menyantap sushi dengan cara salah. Ini antara mereka tidak tahu atau memang lebih nyaman memakan sushi menggunakan cara tidak sesuai itu.

Baca juga: Resep California Sushi Rolls, Cocok untuk Makan Bareng Keluarga! 

Menurut laporan Insider, Jumat (18/12/2020), salah satu koki dan pemiliki restoran terkenal di dunia Chef Nobuyuki Matsuhisa menjelaskan kesalahan paling umumnya adalah memakan sushi menggunakan sumpit, mencelup bagian nasi ke kecap asin, dan mencampurkan wasabi ke kecap asinnya.

Alih-alih menyalahkan gaya mereka makan sushi, Chef Nobu lebih pengertian akan selera orang masing-masing. Tapi yang pasti memakan kudapan ini dengan benar adalah dengan menggunakan jari tangan.

"Orang yang tidak suka bau ikan akan memakannya menggunakan sumpit. Namun, saya lebih suka dengan mereka yang memakannya menggunakan jari karena koki sushi juga membuatnya dengan jari dan sepenuh hati," tuturnya.

Sushi roll

Kesalahan lainnya yang masih sering terjadi adalah menuangkan terlalu banyak kecap asin. Padahal seharusnya sedikit saja sudah cukup. Ini bisa jadi karena mereka salah mencelup bagian sushi.

Jika menggunakan bagian nasi, maka kecap asin yang terserap akan lebih banyak. Berbeda saat mencelupkan sisi ikannya.

"Sementara itu, kecap asin mengandung banyak natrium yang tidak baik untuk tubuh," tambah Chef Nobu.

Baca juga: Keluarga Ini Terkejut, Beli Sushi Udangnya Menyala dalam Gelap 

Lalu ada kesalahan yang mencampurkan wasabi dengan kecap asin. Ini bukanlah hal yang benar. "Anda tidak perlu wasabi ekstra karena dia selalu ada di antara nasi dan ikan."

Tapi karena banyak orang yang melakukan itu, Chef Nobu mencoba untuk membuatkan saus wasabi yang sekarang menjadi khasnya.

Satu lagi adalah saat ada yang memakan sushi dengan beberapa gigitan. Padahal, sushi sendiri dibuat dengan ukuran sekali suap.

"Beberapa orang memotong sushi dengan sumpit dan bentuknya jadi berantakan. Jadi, jangan dipotong," sarannya.

Baca juga: Gara-Gara Makan Ikan Mentah, Amandel Perempuan Ini Dimasuki Cacing 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini