Share

5 Bahaya Menahan Buang Air Kecil untuk Kesehatan, Jangan Dilakukan Ya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 481 2329870 5-bahaya-menahan-buang-air-kecil-untuk-kesehatan-jangan-dilakukan-ya-bezTIoq1s9.jpg Ilustrasi toilet tempat buang air kecil. (Foto: Welcomia/Freepik)

BANYAK orang menahan buang air kecil karena menganggap kebiasaan ini tidak akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Padahal menahan buang air kecil sangat buruk dan berisiko mengalami infeksi saluran kemih.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Tunggul D Situmorang SpPD-KGH. Menurut dia, meski bisa menyebabkan kerusakan otot pada saluran kecing, perilaku suka menahan buang air kecil tidak akan merusak secara langsung. Kerusakan akan muncul apabila kebiasaan ini telah terpupuk dan dilakukan secara terus-menerus.

Baca juga: Tahan Pipis Usai Minum 10 Gelas Bir, Kandung Kemih Pria Ini BocorĀ 

"Merusak langsung sih tidak, tapi kalau terus-terusan baru bisa menimbulkan risiko kerusakan. Menahan buang air kecil kan membuat saluran kencing menjadi bertekanan tinggi. Maka akan terjadi refluks (aliran balik urine dari kandung kemih menuju ginjal). Urine akan naik ke atas, melebar, infeksi, dan ototnya pun bisa terganggu," terang dr Tunggul kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Adapun bahaya lainnya dari menahan buang air kecil untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Infeksi kandung kemih

Sering menunda buang air kecil bisa menyebabkan penumpukan dan perkembangan bakteri di saluran kemih. Bila dilakukan secara terus menurus, kondisi dapat memicu terjadinya infeksi pada saluran kencing.

Ilustrasi buang air

2. Pembengkakan kandung kemih

Ketika menahan buang air kecil, otomatis urine akan tertahan di kandung kemih. Kandung kemih sendiri hanya bisa menampung sekitar tiga gelas air. Bila terlalu sering menahan buang air kecil, akan terjadi pembengkakan kandung kemih dan meningkatkan risiko komplikasi lainnya.

Baca juga: 3 Penyebab Sering Buang Air Kecil Tengah MalamĀ 

3. Batu ginjal

Menahan buang air kecil juga bisa memicu terjadinya batu ginjal, atau kondisi akibat menumpuknya endapan mineral di dalam organ ginjal. Apabila tidak dikeluarkan secara teratur, maka kristal dapat terbentuk dan menyebabkan batu ginjal. Bila sudah demikian, penderita akan merasa beberapa gejala seperti nyeri dan mengeluarkan darah saat buang air kecil.

4. Melemahkan otot kandung kemih

Perlu diketahui, ketika Anda menahan buang air kecil, maka otot kandung kemih akan bekerja lebih keras. Otot kandung kemih akan melakukan kontraksi berulang kali mengikuti perintah dari otak untuk menahan. Lambat laun, hal ini akan melemahkan otot kandung kemih dalam menahan urine. Maka jangan heran bila ke depannya penderita cenderung mudah mengompol.

5. Gagal ginjal

Efek samping paling berbahaya dari kebiasaan menahan buang air kecil adalah gagal ginjal. Kondisi ini menyebabkan ginjal gagal menyaring racun dan limbah dari dalam tubuh untuk dikeluarkan. Jadi jangan menunda buang air kecil ya, Okezoners!

Baca juga: Buang Air Kecil Secara Duduk Untungkan Pria Penderita Pembengkakan ProstatĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini