Sering Keluar Rumah Bikin Kulit Belang? Atasi Saja dengan Bahan Alami

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 611 2330058 sering-keluar-rumah-bikin-kulit-belang-atasi-saja-dengan-bahan-alami-agdN0rAq7P.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SINAR matahari terik memang bisa membuat kulit kita menjadi lebih gelap. Tanpa disadari, ada bagian dari tubuh kita akan menjadi belang.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan membuat kulit memproduksi melanin secara berlebihan, dan dapat memberi perubahan pada warna kulit menjadi gelap atau kusam.

Tapi jangan khawatir, warna belang di dapat diatasi menggunakan bahan-bahan rumahan seperti yang dilansir dari stylecraze.

Tomat

Tomat kaya akan senyawa bioaktif yang disebut karotenoid, berfungsi sebagai pelindung. Dapat mengurangi warna gelap yang disebabkan sinar UV matahari berbahaya.

Cara Menggunakan :

1. Haluskan 2 tomat, sampai bertekstur seperti pasta kental

2. Oleskan pasta pada tangan Anda

3. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air. Lakukan dua kali seminggu.

kulit belang

Lemon

Lemon mengandung vitamin c atau asam askorbat yang memiliki sifat anti-pigmen yang dapat mengurangi warna kulit yang gelap.

Cara Menggunakan :

1. Peras lemon, encerkan dengan air

2. Rendam kapas dalam air lemon.

3. Diamkan setelah 15-20 menit, bilas dengan air. Ulangi dua kali seminggu.

Perhatian: Jus lemon dapat menyebabkan sensasi perih pada kulit. Sebelumnya lakukan tes sebelum menggunakan. ini juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Oleh karena itu, pastikan air lemon encer dan mencucinya sampai bersih.

Mentimun

Mentimun tidak hanya memiliki sifat melembabkan, tetapi juga mengandung senyawa bioaktif yang menghambat aktivitas tirosinase dan mengembalikan warna kulit.

Cara Menggunakan:

1. Gunakan setengah bagian timun dan haluskan.

2. Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya lalu aduk rata.

3. Oleskan pada tangan Anda dan bilas. Lakukan sekali dalam seminggu sampai warna gelap menghilang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini