Simak, Ini 3 Alasan Mengapa Menghapus Foto Mantan di Medsos Penting

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 612 2330134 simak-ini-3-alasan-mengapa-menghapus-foto-mantan-di-medsos-penting-1f9tbJssGj.jpg Sedih akibat putus cinta (Foto: With My Ex Again)

Zaman modern seperti sekarang banyak orang memilih media sosial (medsos) untuk membagikan momen kesehariannya. Entah dengan diri sendiri, teman, keluarga, maupun pacar.

Jika dalam penggunaannya Anda sempat membagikan momen berharga dengan pacar tapi ternyata jalinan cinta kalian putus di tengah jalan, maka jalan terbaiknya adalah menghapus semua bentuk arsip dan foto bersamanya.

Pakar Hubungan sekaligus penulis 'Breakup Bootcamp: The Science of Rewiring Your Heart', Amy Chan mengatakan, tindakan menghapus mantan dari segala media sosial bukan berarti mereka telah berbuat jahat.

"Menghapus mantan di medsos bukan berarti Anda membenci dia dan hubungan yang pernah dijalin bersama. Ini karena Anda memang membutuhkan waktu untuk pikiran, tubuh, hati, dan jiwa untuk transisi dari hubungan lama ke yang baru,” jelas Amy Chan seperti dilansir dari Insider.

Lalu apa saja pentingnya menghapus foto-foto mantan di medsos?

 berusaha melupakan mantan pacar

1. Membantu menyegarkan otak

Sekali lagi, ini adalah langkah terbaik agar otak Anda jauh dari pikiran-pikiran yang dapat memperburuk keadaan dan memudahkan untuk move one lebih cepat.

Faktanya, otak akan membentuk jaringan saraf yang terkait dengan kenangan yang Anda miliki dengan siapa pun. Dan ketika putus hubungan, otak akan merespons perpisahan yang menimbulkan sakit hati dan kesedihan.

Foto, video, dan kenangan lain yang tak sempat direkam digital dapat teringat kembali dan akan mempersulit 'pemangkasan' jalur saraf kenangan tersebut. Menghapus momen-monen di media sosial akan membantu otak istirahat dan sembuh dari perpisahan.

Chan menyarankan untuk memberi diri detoks dari mantan setidaknya 30 hari, walaupun idealnya adalah 60 hari.

2. Butuh waktu untuk pulih

Jika mantan merespons aksi Anda yang menghapusnya dari media sosial dengan marah, maka berikanlah dia pengertian. Seperti yang dianjurkan Chan katakanlah bahwa, “Ini bukan berarti aku tidak peduli atau membencimu. Tapi aku butuh waktu untuk pulih dari sakit hati dan menjaga diriku sendiri. Tolong hormati keputusan ini.”

 Baca juga: 3 Cara Ampuh Redakan Demam, Bisa Dipraktikkan ke Anak-Anak Lho

3. Membuat tak terlalu lama terpuruk

Jangan berlama-lama terpuruk dalam kesedihan, hidup terlalu singkat jika hanya memperhatikan sesuatu yang sudah tidak berharga. Bangkitlah dan semangat untuk move on. Salah satunya menghapus semua foto mantanmu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini