Alami Kulit Kering? Atasi Pakai 7 Bahan Rumahan Ini Saja

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 481 2330801 alami-kulit-kering-atasi-pakai-7-bahan-rumahan-ini-saja-qAb8Juh1vt.jpg Ilustrasi kulit kering di tangan. (Foto: Insider)

KULIT kering di tangan atau bagian tubuh lainnya membuat rasa yang tidak nyaman, seperti gatal, kasar, dan kulit mengelupas. Penyebab kulit kering bervariasi, bisa saja karena cuaca dingin atau kering, paparan sinar matahari, terlalu lama kontak dengan air, bahan kimia, hingga perawatan yang tidak tepat.

Kulit kering pastinya memerlukan beberapa perawatan khusus untuk mencegahnya. Tidak perlu khawatir, berikut tujuh pengobatan bahan rumahan yang efektif untuk mencegah kulit kering, seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Kulit Wajah Bersisik? Atasi dengan 5 Masker IniĀ 

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang mengandung emolien terbaik. Tidak hanya membantu melembapkan kulit, tapi madu juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang membuat kulit lembut, kencang, serta bercahaya.

Cara menggunakannya cukup oleskan madu ke seluruh tangan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

Madu

2. Krim susu dan madu

Krim susu mengandung asam laktat yang dengan lembut mengelupas kulit dan sekaligus menjaga kelembapan tangan. Menggunakan krim susu dan madu setiap hari mampu memberikan kelembutan pada bagian kulit kering.

Bahan-bahannya adalah 1 sendok makan krim susu dan 1 sdm madu. Cara menggunakannya: (1) Siapkan mangkuk, campurkan kedua bahan; (2) Oleskan ke bagian kulit kering; (3) Pijat agar meresap ke dalam kulit; (4) Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung protein yang baik untuk kesehatan dan kulit. Oatmeal mengandung agen eksfoliasi yang bisa menghilangkan kulit mati dan kulit kasar, sekaligus memberi kelembapan pada kulit.

Gunakan 1 cangkir oatmeal dan sebaskom air hangat. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu rendam tangan selama 20 menit. Setelah selesai direndam, tepuk-tepuk hingga kering, lalu gunakan pelembap atau krim tangan.

Baca juga: Resolusi 2021, Billy Syahputra Akan Menikah dengan Amanda Manopo?

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang luar biasa dapat melembabkan kulit. Selain itu, bisa memberikan efek menenangkan kulit. Apalagi buat kamu yang sering terpapar sinar matahari, lidah buaya memberikan kelembaban pada tangan dan juga meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Gunakan gel lidah buaya sesuai kebutuhan. Lalu oleskan pada tangan. Pijat hingga lidah buaya meresap ke tangan, diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan vitamin dan nutrisi, memiliki sifat emolien efektif yang menjaga kelembapan tangan dan meningkatkan fungsi pelindungan kulit untuk mencegah kerusakan pada kulit.

Gunakan minyak kelapa sesuai kebutuhan. Oleskan pada telapak tangan, lalu gosok di antara kedua tangan untuk menghangatkan. Pijat hingga benar-benar meresap dalam kulit. Biarkan dan bilas setelah 15 sampai 20 menit.

6. Petroleum jelly

Salah satu pelembap terbaik dan telah digunakan di seluruh dunia selama bertahun-tahun yakni petroleum jelly. Bahan ini dapat menghidrasi kulit dan menciptakan lapisan pelindung pada kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan pada kulit sehingga tetap halus dan lembut.

Ambil petroleum jelly sesuai kebutuhan, pijatkan pada kulit kering. Biarkan saja, tidak perlu dibilas agar melembapkan kulit secara mendalam.

7. Yogurt dan madu

Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengelupas kulit dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan madu memberikan ketenangan dan melembapkan kulit yang terangkat.

Bahan-bahannya 1 cangkir yogurt dan 1 sendok makan madu. Cara penggunaannya: (1) Siapkan mangkuk, campur kedua bahan tersebut; (2) Gosokkan ke seluruh bagian kulit kering; (3) Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini