Orang yang Rajin Bangun Berat Badannya Lebih Terkontrol Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 612 2330788 orang-yang-rajin-bangun-berat-badannya-lebih-terkontrol-loh-Ny63WjkAGc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ORANG yang rajin bangun pagi atau biasa disebut dengan morning person, memang dianggap lebih sehat. Apalagi, matahari pagi dianggap memberikan efek positif bagi tubuh dibandingkan dengan matahari siang hari.

Ada banyak manfaat yang didapatkan seorang morning person dalam menjalani kesehariannya. Pakar Biologi Christoph Randler mengatakan, morning person cenderung mendapatkan nilai yang baik di sekolah. "Mereka biasanya masuk ke universitas yang lebih baik dan mudah mendapat pekerjaan," tuturnya seperti dilansir dari Insider.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya menjadi morning person, seperti:

bangun pagi

Rendah risiko diabetes dan sindrom metabolik

Sebuah penelitian terhadap orang Korea paruh baya yang bangun siang menunjukkan lebih mungkin menderita sindrom metabolik daripada yang bangun pagi. Ini juga meningkatkan peluang untuk berkembangnya penyakit jantung.

Memiliki berat badan yang lebih ringan

Menurut hasil analisis jurnal 'Nature Communiccations', orang yang bangun pagi dikaitkan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang rendah. Di penelitian lain, ini juga berkaitan dengan paparan sinar matahari pagi yang didapatnya.

Baca Selengkapnya: 4 Kelebihan Jadi Orang yang Suka Bangun Pagi

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini