Kurang Minum Bahayakan Kesehatan Kulit, Ini yang Bisa Terjadi

Antara, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 481 2330864 kurang-minum-bahayakan-kesehatan-kulit-ini-yang-bisa-terjadi-GSLf78hlr0.jpg Ilustrasi minum air. (Foto: Medicalnewstoday)

KESEHATAN kulit menjadi salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Dengan memiliki kulit sehat, fungsi organ tubuh lain juga bisa ikut berjalan maksimal.

Salah satu menjaga kesehatan kulit adalah teratur minum air putih. Air sendiri merupakan salah satu komponen yang bisa menjaga kulit terus terhidrasi dengan baik untuk memastikan kesehatan kulit dari luar maupun dalam tubuh.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Atasi Pakai 7 Bahan Rumahan Ini Saja 

Selain mendukung penampilan, kulit berfungsi melindungi tubuh dari material eksternal, juga membantu mengatur kandungan air dan temperatur tubuh.

Kulit pria (Foto: Boldsky)

"Sebesar 60 persen dari tubuh kita terdiri dari air, sementara komponen kulit mengandung 72 persen air, sehingga jika kita mengalami dehidrasi kesehatan kulit juga akan terpengaruh," ujar dokter spesialis kulit, dr Arini Astasari Widodo SpKK, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/12/2020).

"Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan kulit terasa lebih kasar, kusam, rentan berjerawat, bahkan mempercepat penuaan," imbuhnya.

Baca juga: 5 Ilmuwan Islam Berkontribusi Besar Perkembangan Dunia 

Menurut dia, pada umumnya seseorang perlu mengonsumsi air setidaknya 2 liter per hari. Cukup minum dapat membantu menjaga hidrasi sehingga meningkatkan elastisitas, menghaluskan kulit, dan menghindari kerutan dini, terutama di saat seseorang menghabiskan banyak waktu berdiam di rumah atau ruangan ber-AC yang membuat risiko kulit menjadi lebih kering.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini