Olahraga Tidak Boleh Terlalu Lama Lho, Ini Durasi Idealnya

Antara, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 481 2330886 olahraga-tidak-boleh-terlalu-lama-lho-ini-durasi-idealnya-t0UCT32GKo.jpeg Ilustrasi olahraga. (Foto: Deden Darmansyah/Okezone)

OLAHRAGA menjadi salah satu aktivitas penting ketika masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, olahraga bakal membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Hal ini otomatis akan membuat lebih besar terhindar dari wabah penyakit tersebut.

Namun, olahraga di tengah pandemi covid-19 wajib memerhatikan keseimbangan energi tubuh. Tujuannya untuk menjaga tubuh selalu dalam keadaan fit untuk menjalankan aktivitas berat.

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pemulihan Covid-19 

"Untuk menjadi bugar, kita harus memerhatikan keseimbangan energi, aktif secara fisik dan berolahraga," kata Zaini K Saragih, ketua Lembaga Antidoping Indonesia yang juga spesialis kedokteran olahraga, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/12/2020).

Ia menyarankan semua orang melakukan olahraga secara teratur atau intesitasnya dan durasinya disesuaikan dengan kebiasaan. Kemudian jika ditingkatkan harus dilakukan secara bertahap.

"Jadi tidak melakukan olahraga sesuka hati, kadang berat sekali besoknya ringan dan seterusnya. Ini justru berdampak tidak baik," jelasnya.

Dalam kesempatan berbeda, pakar kesehatan jantung dan pembuluh darah Vito A Damay merekomendasikan olahraga di luar ruang seperti berlari, bersepeda, atau sebatas jalan cepat selama 30 menit setiap hari.

Baca juga: Turunkan Berat Badan Bisa Tanpa Diet atau Olahraga Lho, Ikuti 6 Cara Ini 

"Lari, joging, sepedaan, jalan cepat lakukan saja. Durasi 30 menit sekali olahraga setiap hari kalau bisa. Kalau enggak bisa ya sejam tiga kali seminggu minimal. Tergantung lebih mudah mana," ungkap Vito yang mengambil spesialisialisasi jantung dan pembuluh darah itu.

"Setengah jam sehari setiap hari menurut saya malah enak ya. Setengah jam saja kan dibanding 24 jam sehari harusnya mudah saja," imbuh dia.

Baik Zaini maupun Vito mengingatkan semua orang tetap menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebelum serta sesudah menyentuh permukaan benda.

"Protokol kesehatan sifatnya wajib dipatuhi dalam keadaan apa pun, namun olahraga atau aktivitas fisik jangan sampai dilupakan, karena mendukung kesehatan dan fungsi imunitas yang prima. Berolahragalah dengan memerhatikan kaedah yg berisiko rendah terhadap penyakit pandemi (prokes)," pungkas Zaini.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Kebanyakan Olahraga, Jangan Sampai Terjadi Ya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini