5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, Penting Diketahui

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 481 2330924 5-manfaat-daun-sirih-bagi-wanita-penting-diketahui-zq9iBWjDsA.jpg Daun sirih. (Foto: HuyMon/Pixabay)

MANFAAT daun sirih bagi wanita ternyata ada banyak. Daun sirih sendiri termasuk salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tumbuhan asli Indonesia ini biasa digunakan sebagai pembersih bagian intim wanita, tetapi sebenarnya masih banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan wanita.

Kandungan senyawa yang aktif pada daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang termasuk keluarga tumbuhan Piperaceae ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol.

Baca juga: Hanya untuk Area Kewanitaan, Jangan Bersihkan Iritasi Mata dengan Air Sirih 

Selain itu, daun sirih juga kaya kandungan vitamin, seperti vitamin C, niasin, tiamin, karoten, dan riboflavin untuk menyembuhkan serta merawat kesehatan. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun ini akan terasa untuk organ tubuh.

Berikut ini manfaat daun sirih bagi kesehatan wanita, seperti dikutip dari Dr Health Benefits, Minggu (20/12/2020).

Info grafis manfaat daun sirih. (Foto: Okezone)

1. Membersihkan vagina

Vagina menjadi organ penting yang perlu dijaga kebersihannya untuk mencegah rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan. Daun sirih mengandung polifenol dan kavikol yang dapat mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita. Kandungan minyak atsiri juga menghilangkan aroma tidak sedap. Rebus daun sirih, saring airnya, lalu basuhkan untuk mencuci area kewanitaan.

2. Mengobati payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati mastitis atau kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai bengkak. Senyawa allylprokatekol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Baca juga: Mujarabnya si Daun Sirih, Manfaat Nomor 7 Bikin Miss V Keset 

3. Mengurangi nyeri haid

Kandungan minyak atsiri, terpenoid, dan klavikula pada daun sirih bisa mengurangi nyeri perut saat haid. Adanya antioksidan juga mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Bahan alami ini mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga sakit perut bisa mereda. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

4. Mencegah rambut rontok

Ilmu Ayurveda merekomendasikan menggunakan daun sirih untuk masalah rambut, salah satunya kerontokan. Tumbuk daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sekira satu jam dan basuh dengan sampo.

5. Mengobati jerawat

Daun sirih kaya akan anti-inflamasi yang mencegah dan mengobati jerawat. Minyak esensialnya menenangkan jerawat yang meradang. Tumbuk daun sirih sampai menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

Baca juga: Deretan Manfaat Daun Sirih Merah, Turunkan Kolesterol Jahat hingga Gula Darah

Daun sirih

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini