Manfaat Daun Pandan untuk Pria, Bisa Cegah Sakit Jantung Lho

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 481 2331166 manfaat-daun-pandan-untuk-pria-bisa-cegah-sakit-jantung-lho-ncrUPMGgD2.jpg Minuman daun pandan. (Foto: Jcomp/Freepik)

MANFAAT daun pandan untuk pria diketahui cukup banyak. Daun pandan memiliki aroma dan rasa yang unik. Ini menjadikan daun pandan bisa untuk berbagai kebutuhan. Pandan paling sering dikonsumsi sebagai pasta, bubuk, ekstrak air infus, atau dibuat menjadi minyak esensial.

Selain itu, penelitian terdahulu tentang daun pandan telah mengidentifikasi sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang diketahui mendukung kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, Penting Diketahui 

Daun pandan adalah sumber vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Pandan dikenal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kondisi seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Daun pandan juga kaya vitamin A, senyawa penting untuk kesehatan mata yang bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Daun pandan. (FotoL Jcomp/Freepik)

Masih banyak manfaat daun pandan untuk pria dan orang-orang pada umumnya. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari WebMD, Senin (21/12/2020).

1. Arthritis dan pereda nyeri sendi

Pengobatan tradisional menggunakan daun pandan untuk meredakan nyeri, terutama arthritis dan nyeri sendi. Peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

Baca juga: Challenge 3, Grand Finalis MasterChef Indonesia Bikin Dessert Rumit ala Chef Peter Glenn

2. Pencegahan penyakit jantung

Studi mendukung klaim bahwa daun pandan baik untuk jantung. Daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid (suatu kelas antioksidan) yang sangat baik. Ini diketahui mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

3. Perawatan kulit

Di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa asam tannic dalam pandan memberikan tindakan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

Baca juga: Diet Ekstrem Hanya Makan Ikan, Victoria Beckham Keracunan Merkuri 

4. Kontrol gula darah

Mengonsumsi pandan dapat membantu orang lebih mengontrol gula darahnya setelah makan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan memiliki gula darah lebih rendah daripada orang yang tidak.

Beberapa vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam daun pandan antara lain beta karoten, vitamin C, thiamin, riboflavin, dan niacin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini