Tekuni Dunia Kuliner, Ini Pesan Penting dari Chef Renatta

Dyah Ayu Pamela (Koran Sindo), Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 612 2330998 tekuni-dunia-kuliner-ini-pesan-penting-dari-chef-renatta-DhIXjksFt7.jpg Chef Renatta di MasterChef Indonesia Season 7. (Foto: Instagram @masterchefina)

CHEF Renatta adalah salah satu pakar kuliner di Indonesia. Ia sudah sangat dikenal oleh publik di Tanah Air, terlebih lagi setelah menjadi juri kompetisi memasak paling bergengsi MasterChef Indonesia.

Dalam dunia kuliner, tidak perlu diragukan lagi kemampuan Chef Renatta. Pasalnya, dia sangat memahami berbagai jenis masakan dan mampu mengolahnya dengan baik.

Baca juga: Berkepribadian Humble, Chef Renatta Idamkan Tinggal di Desa 

Namun, sebenarnya chef bukanlah profesi yang ringan. Jika melihat tayangan kompetisi MasterChef Indonesia, kontestannya pun selalu ditantang untuk kreatif dan meningkatkan keterampilan memasaknya di dapur sungguhan.

Dalam tayangan di channel YouTube Chef Arnold Poernomor, Chef Renatta pun mengungkapkan bagaimana bisa terjun ke dunia kuliner hingga secara serius mendalaminya. Ia mengawalinya dengan mengambil sekolah khusus di Le Cordon Bleu Culinary Art di Kota Paris, Prancis.

Juri MasterChef Indonesia Season 7. (Foto: Rctiplus.com)

Sejak awal, menurut Chef Renatta, jika seseorang tertarik menjadi chef maka harus tahu dulu tujuannya. Apakah mau jadi chef industrial, mau menjalankan bisnis F&B rumahan, atau sekadar ingin jadi celebrity chef.

Pasalnya, hal itu akan memengaruhi bagaimana perjalanan ke depannya. Apalagi pekerjaan chef, kata Chef Renatta, bisa long hour dan apakah nantinya akan puas dengan gajinya.

Baca juga: Chef Renatta Ungkap Alasan Tak Ada Eliminasi di Top 3 MasterChef Indonesia 

"Kalau sekadar ingin jadi celebrity chef saja pure mungkin ingin punya cooking show, ingin bikin buku resep, tidak seperlu itu magang di restoran dan ambil culinary school yang terlalu tinggi," jelas chef yang pernah bekerja di salah satu restoran berbintang di Paris ini.

Chef yang mendapatkan gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry pada 2018 ini juga mengatakan bahwa sejak awal seseorang harus punya arah yang jelas saat ingin terjun ke dunia kuliner dan paling penting juga harus proporsional dengan tujuannya itu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini