5 Makanan Cegah Terjadinya Kram Menstruasi Menyakitkan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 298 2331425 5-makanan-cegah-terjadinya-kram-menstruasi-menyakitkan-bm1xSg9LZQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Dailymail)

SELAMA siklus menstruasi, wanita sering mengalami kram menstruasi. Selain itu, ada berbagai gejala lain seperti kelelahan, kembung, berjerawat, sakit kepala, masalah usus, nyeri payudara, hingga perubahan suasana hati.

Berdasarkan penelitian jurnal dari universitas di berbagai dunia, kram menstruasi menjadi misteri perubahan tubuh manusia. Studi juga menyebutkan bahwa siklus periodik dimulai ketika tubuh wanita yang siap untuk memecah lapisan rahim untuk melepaskan hormon prostaglandin.

"Hormon tersebut mengaktifkan otot-otot di rahim wanita, sehingga mengarah ke kontraksi," tulis jurnal tersebut.

Beberapa wanita yang mengalami kram yang mungkin cukup parah membuat mereka tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi saat menstruasi agar tidak memperparah kram Anda.

Dilansir dari Thehealthsite, berikut lima makanan yang harus Anda hindari saat menstruasi karena dapat memperburuk kondisi Anda. Apa saja?

Baca Juga: Resep BBQ Steak Simple untuk Rayakan Hari Ibu

Kopi

kopi

Asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang dapat memperburuk kram menstruasi Anda. Ini juga bisa meningkatkan kembung dan ketidaknyamanan. Hindari atau coba batasi hanya satu cangkir kopi per hari.

Karbohidrat dan gula

Selama menstruasi, gula darah sangat berfluktuasi. Jika mengonsumsi lebih banyak pemanis selama fase ini dapat memperburuk kondisi. Karena gula bersifat inflamasi, hal ini dapat meningkatkan kram. Terlebih lagi, gula dapat meningkatkan retensi natrium dan air, yang menyebabkan kembung dan perubahan suasana hati.

Produk susu

Asam lemak omega-6 yang ada dalam produk susu termasuk keju dan es krim, dapat meningkatkan peradangan dan memperparah nyeri haid Anda.

Burger dan kentang

burger

Makan makanan berlemak tinggi seperti cheese burger dan kentang goreng dapat meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh Anda dan membuat kram menstruasi Anda semakin parah. Hindari daging berlemak selama menstruasi karena lemak jenuhnya dapat memperburuk nyeri haid.

Baca Juga: Ini Resep Fluffy Pancake with Tamarillo Jam dari V Cooking Class

Cokelat

Kebanyakan wanita menginginkan cokelat atau camilan selama menstruasi. Namun, cokelat dapat meningkatkan kadar prostaglandin Anda dan membuat nyeri haid Anda lebih intens. Sebaiknya, pilihlah cokelat hitam dan dalam jumlah terbatas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini