Hasilkan Steak Terbaik, Pakai 7 Potongan Daging Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 298 2331483 hasilkan-steak-terbaik-pakai-7-potongan-daging-ini-bHg09sFSUZ.jpg Rib eye steak. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

STEAK bisa menjadi hidangan istimewa di momen spesial. Kemudian untuk menjadikan steak lebih luar biasa, perlu diketahui potongan-potongan terbaiknya.

Daging terdiri dari berbagai bagian yang memiliki tekstur berbeda-beda. Ini menjadi perhatian khusus saat memasaknya agar menghasilkan steak yang smokey, juicy, dan sedikit renyah.

Baca juga: Resep BBQ Steak Simple untuk Rayakan Hari Ibu 

Mengutip dari The Spruce Eats, Senin (21/12/2020), steak terbaik berasal dari potongan daging sapi utama yang disebut short loin atau pinggang pendek dan beberapa bagian menonjol lainnya. Apa saja bagian terbaik lainnya itu? Berikut ini daftarnya.

1. Rib-eye steak

Potongan daging rib-eye digadang-gadang menjadi potongan yang terbaik. Ini datang dari kombinasi kelembutan dagingnya yang mewah dan rasa sapi yang kuat. Untuk mendapatkan hasil steak yang menakjubkan Anda perlu memasaknya di api sedang hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Tenderloin steak. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Strip steak

Potongan strip steak memiliki rasa daging yang lebih kuat lagi daripada rib-eye. Strip steak disebut juga strip loin, top loin steak, dan yang versi bertulang disebut club steak.

Baca juga: BLT Cair, Yuk Bikin Steak ala Resto dengan Budget "Kaki Lima" 

3. Tenderloin steak

Ini adalah bagian daging sapi paling empuk dan mahal. Meski begitu, tenderloin tidak terlalu beraroma dan karena mengandung lemak yang lebih sedikit dagingnya akan menjadi keras jika memasaknya terlalu matang.

4. Skirt steak

Potongan skirt steak adalah bagian dalam dada dan rongga perut. Berserat tebal dan sangat beraroma. Pastikan untuk memanggangnya dengan api besar secara cepat untuk mendapatkan rasa terbaik.

5. Sirloin top steak

Diambil dari potongan utama daging sapi yang membentang dari punggung bawah ke tulang pinggul. Daging ini memiiki kombinasi harga, rasa, dan kelembutan. Tapi jika memasaknya terlalu matang akan membuatnya lebih kering dan keras.

Baca juga: Yuk Bikin di Rumah, Bistik Tempe yang Lezat 

6. Flank steak

Flank steak berasal dari bagian perut, mirip seperti skirt steak. Daging padat ini memberikan rasa dan aroma yang kuat karena kumpulan lemaknya. Selain itu, dia juga berserat tebal. Panggang daging yang sudah dimarinasi dengan api besar secara cepat dan iris sesuai arah alur serat.

7. Flat iron steak

Potongan daging ini pada dasarnya adalah bagian atas yang dipotong memanjang. Untuk mendapatkan rasa terbaik, pangganglah dengan api besar sampai setengah matang dan langsung nikmati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini