Kelebihan Cairan di Tubuh? Atasi dengan 5 Minuman Alami Ini

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 481 2331435 kelebihan-cairan-di-tubuh-atasi-dengan-5-minuman-alami-ini-QG98BtLZvj.jpg Jus lemon jadi salah satu minuman alami untuk mengatasi kelebihan cairan di tubuh. (Foto: Healthsite)

KELEBIHAN cairan di tubuh bisa dialami siapa saja. Gejalanya seperti sering merasa kembung, terutama di area perut, dan mengalami pembengkakan pada tungkai, kaki, serta pergelangan kaki.

Inilah yang disebut retensi air atau dalam istilah medis disebut edema. Retensi air adalah masalah kesehatan umum yang disebabkan penumpukan cairan yang berlebihan di jaringan tubuh.

Baca juga: Wow! Aplikasi Ini Bikin Orang Patuh Pakai Masker dengan Tepat, Simak Caranya 

Sejumlah faktor bisa membuat kelebihan cairan di dalam tubuh. Beberapa di antaranya asupan natrium yang tinggi, sirkulasi yang buruk, berdiri atau duduk terlalu lama, kekurangan vitamin, stres, kehamilan, menstruasi, cuaca panas, paparan ketinggian, alergi, tekanan darah tinggi, masalah jantung, masalah ginjal, penyakit paru-paru kronis, penyakit hati, gangguan tiroid, obat-obatan tertentu, dan kontrasepsi oral.

Melansir dari Healthsite, Senin (21/12/2020), berikut ini lima minuman yang bekerja sebagai diuretik dan membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh.

1. Teh dandelion

Penelitian telah menunjukkan bahwa dandelion memiliki efek diuretik atau dapat meningkatkan aliran urine dengan diperkaya kalium yang membantu mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Tambahkan satu sendok teh ramuan dandelion kering ke dalam secangkir air panas.

Diamkan selama sekira 10 menit kemudian saring dan minum larutan ini tiga kali sehari. Perlu diketahui, teh dandelion dapat mengganggu obat-obatan tertentu, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba pengobatan ini di rumah.

Teh parsley. (Foto: The Health Site)

2. Teh parsley

Sayuran parsley juga merupakan diuretik alami yang sangat membantu dalam mengurangi retensi cairan dalam tubuh. Untuk membuat teh peterseli, tambahkan 2 sendok teh daun peterseli kering ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan terendam selama 10 menit, kemudian saring dan minum hingga tiga kali sehari.

Baca juga: Alami Sindrom Waardenburg, Warga Suku Pulau Buton Miliki Mata Warna Biru 

3. Jus lemon

Mengonsumsi jus lemon akan membuat Anda buang air kecil lebih sering dan mengurangi jumlah retensi cairan dalam tubuh. Lemon merupakan salah satu detoks yang kuat dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Campur dua sendok makan jus lemon dalam secangkir air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya. Minum larutan ini sekali sehari selama beberapa hari atau sampai Anda mendapatkan peningkatan.

4. Biji adas

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji adas bekerja sebagai diuretik dan membantu membuang kelebihan natrium dan air dari tubuh Anda. Hal ini juga sangat membantu mengurangi retensi air.

Biji adas juga dapat mencegah penumpukan racun dalam tubuh, membantu pencernaan, mengurangi gas dan membuat kulit berkeringat. Seduh satu sendok teh biji adas dalam secangkir air panas, kemudian saring. Anda harus meminum teh ini tiga kali sehari sampai Anda melihat peningkatan.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim, Amoeba Pemakan Otak Ancam Warga Amerika 

Jus cranberry. (Foto: The Health Site)

5. Jus cranberry

Jus ini adalah salah satu pengobatan rumahan populer lainnya untuk mengobati kelebihan cairan. Selain sebagai diuretik alami, jus cranberry juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Jadi, minumlah segelas jus cranberry tanpa pemanis setiap hari untuk mengurangi retensi air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini