Wow! Aplikasi Ini Bikin Orang Patuh Pakai Masker dengan Tepat, Simak Caranya

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 612 2331413 wow-aplikasi-ini-bikin-orang-patuh-pakai-masker-dengan-tepat-simak-caranya-oGLYe6CYlB.jpg Ilustrasi masker bagian dari protokol kesehatan cegah covid-19. (Foto: The Economic Times)

MASKER merupakan salah satu bagian penting di masa pandemi covid-19 ini. Dengan tertib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, salah satunya memakai masker, potensi tertular wabah penyakit menjadi kecil.

Namun di tengah situasi pandemi covid-19 ini ternyata masih ada sebagian orang yang nekat tidak menggunakan masker saat keluar rumah atau berkegiatan di tempat umum. Faktanya saat diingatkan untuk memakai masker, sebagian orang menjadi kesal dan marah karena tidak suka diatur-atur.

Baca juga: Kesal Wajah Berjerawat karena Pakai Masker? Makanya Ikuti Tips Berikut 

Kejadian di kehidupan nyata inilah yang menjadi inspirasi dari Rob Glaser dari RealNetworks untuk menciptakan aplikasi canggih yang bisa mendorong orang-orang memakai masker saat beraktivitas di tempat umum.

Mengutip dari This Kiji, Senin (21/12/2020), pekan ini RealNetworks diketahui telah merilis aplikasi bernama MaskCheck. Aplikasi, layanan, dan platform data gratis ini bertujuan membantu komunitas masyarakat serta operasional bisnis bisa dibuka kembali secara aman dengan mendorong dan menilai ketepatan pemakaian masker wajah.

Melalui penggunaan tablet yang diatur di pintu masuk tempat-tempat usaha seperti toko dan bangunan lain, aplikasi tersebut dapat mendeteksi wajah dan menentukan apakah orang itu sudah memakai maskernya dengan benar atau tidak. Penilaiannya kemudian hadir dalam bentuk visual dan suara, secara langsung mendorong setiap orang untuk patuh dan memakai masker dengan tepat.

Aplikasi yang diklaim dibuat dengan tidak menyimpan gambar dan semua datanya bersifat anonim. Diketahui lebih lanjut MaskCheck ini dikembangkan dengan bekerja sama bersama Covid-19 International Research Team, suatu komunitas ilmuwan yang menyediakan alat dan sumber daya kepada publik untuk membantu mengurangi persebaran virus corona.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bahayanya Pakai Masker Kotor atau Berulang 

Lewat aplikasi buatannya, Rob berharap bisa menjawab kebutuhan akan data yang dapat diandalkan masyakat luas tentang masker. "Semua orang tahu kalau pakai masker itu penting, tapi di lapangan tidak ada datanya," ungkapnya.

Aplikasi ini hadir dengan menyediakan perangkat lunak dan peta yang menghubungkan dan membangun umpan data yang memungkinkan kota dan bisnis untuk bisa mengumpulkan informasi yang akurat dan real time tentang kepatuhan soal masker.

Lalu data dari perangkat yang mendukung aplikasi jaringan kemudian digabungkan dan hasilnya bisa menunjukkan kepatuhan berdasarkan lokasi geografis dan klasifikasi lokasi tersebut. Data yang diperoleh ini bisa digunakan oleh otoritas publik dan bisnis untuk membantu masyarakat membuka kembali bisnis dan usaha mereka dengan lebih cepat dan aman.

Sebelum diluncurkan, MaskCheck telah diuji coba di The Bush School di Seattle, di mana tablet yang mendukung aplikasi ditempatkan di pintu masuk.

Baca juga: Begini Cara Sopan Minta Orang-Orang Pakai Masker untuk Cegah Covid-19 

Ilustrasi masker

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini