8 Menu Sarapan Sehat Sebelum Olahraga, Apa Favoritmu?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 298 2332025 8-menu-sarapan-sehat-sebelum-olahraga-apa-favoritmu-96MhygEqdI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RUTIN olahraga di pagi hari membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi, tak jarang banyak orang yang masih bingung, olahraga dulu atau sarapan dulu, ya?

Studi menunjukkan, sarapan merupakan hal penting untuk menambah energi di pagi hari. Lalu, olahraga juga dibutuhkan untuk membakar lemak dalam tubuh. Beberapa ahli menyarankan untuk mendahulukan sarapan sebelum berolahraga, walau hal ini juga masih pro dan kontra.

Tapi, tidak semua makanan baik dikonsumsi sebelum olahraga. Makanan yang boleh dikonsumsi untuk sarapan sebelum berolahraga adalah makanan yang tidak membebani namun tetap memberikan energi. Seperti dilansir dari Lifehack, berikut Okezone paparkan 8 makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga di pagi hari.

Buah-buahan

buah

Buah-buahan mengandung serat yang mudah dicerna, menyediakan bahan bakar, dan pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak terbiasa makan pagi.

Smoothies

Anda bisa mencampurkan buah dan sayuran, yogurt, bubuk protein, selai kacang, atau biji-bijian. Ini dapat membantu menambahkan energi sebelum berolahraga.

Baca Juga: Berhenti Konsumsi Pemanis Buatan, 5 Manfaat Kesehatan Ini Bakal Didapat

Yogurt tawar

yogurt

Yogurt tanpa rasa mengandung protein, probiotik, dan kalsium yang tinggi. Cocok dijadikan sarapan sehat yang praktis.

Oatmeal

Makanan pokok klasik ini penuh dengan karbohidrat dan serat. Keduanya membantu memberikan energi yang sangat besar. Anda bisa menambahkan buah, kacang-kacangan, atau susu untuk mendapatkan lebih banyak energi.

Telur

telur

Telur dipercaya dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Anda bisa menambahkan keju, atau sayuran seperti paprika untuk menambah nutrisi.

Muffin

Bukan hanya dijadikan camilan yang sehat dan lezat, tetapi muffin sangat baik dijadikan sarapan karena memiliki serat dan karbohidrat yang tinggi. Anda bisa menambahkan buah atau kacang ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Jaga Imunitas, Sering Konsumsi Yuk

Pancake

pancake

Pancake buatan sendiri menghadirkan sumber biji-bijian dan karbohidrat yang baik untuk olahraga. Anda bisa menambahkan mentega atau kacang. Tapi, makan dengan porsi yang cukup.

Roti panggang

Roti panggang sarapan simpel dan praktis untuk perut. Anda bisa menambahkan banyak pilihan topping seperti alpukat, ubi, atau selai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini