4 Zat yang Dibutuhkan untuk Mencegah Stunting pada Anak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 298 2332219 4-zat-yang-dibutuhkan-untuk-mencegah-stunting-pada-anak-ixtZg7dCYM.jpg Mencegah stunting (Foto: CGIAR)

Memberantas stunting masih menjadi tugas bersama. Tak hanya pemerintah, masyarakat juga diharapkan paham untuk sama-sama mencegah stunting untuk menciptakan generasi penerus yang unggul.

Sekadar informasi stunting adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan standar untuk usianya.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seseorang dinyatakan stunting apabila diukur dengan panjang atau tinggi badan yang lebih rendah dari minus dua standar deviasi median standar pertumbuhan WHO.

Dalam diskusi virtual ‘Kolaborasi untuk Generasi Unggul Indonesia’ Selasa (22/12/2020), Ahli Gizi dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH membagikan zat-zat yang dibutuhkan anak untuk mencegah stunting.

sumber protein

1. Protein hewani

Protein adalah nutrisi yang amat penting untuk anak stunting. Diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan massa otot, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Zat besi

Kekurangan zat besi dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia, menghambat perkembangan mental.

3. Zinc

Mineral esensial yang berperan dalam aktifasi dan sintesis hormon pertumbuhan (GH), menjaga kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, fungsi pengecapan serta stabilisasi membran sel.

Baca juga: Nia Ramadhani Kepergok Pakai Kalung Rp8.500, Bubah Alfian Kaget

4. Kalsium dan vitamin D

Kalsium adalah komponen utama tulang, sementara vitamin D membantu proses metabolisme kalsium. Selain itu, kalsium pun dibutuhkan untuk sistem saraf, otot, dan jantung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini