5 Momen Kulineran Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Baru

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 298 2332290 5-momen-kulineran-sandiaga-uno-menteri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-yang-baru-dgx8k1sXu8.jpg Mi ayam kesukaan Sandiaga Uno (Foto: Inst Sandiuno)

Sandiaga Uno mendadak ramai diperbincangkan Selasa 22 Desember sore ini. Apalagi kalau bukan karena Sandiaga baru saja ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru menggantikan Wishnutama di Kabinet Indonesia Maju.

Di luar kesibukannya sebagai pengusaha dan enterpreneur, dari penelusuran Okezone, Selasa (22/12/2020) di linimasa sosial media, Sandiaga Uno punya hobi berwisata kuliner. Mengejar kuliner enak, Sandiaga tak segan berpetualang ke berbagai daerah.

Daripada penasaran, berikut ulasan singkat 5 momen kulineran Sandiaga Uno sang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru.


1. Mi ayam zaman SMA

 Makan mi ayam

September lalu, Sandiaga sempat mampir ke SMA tempat ia dulu bersekolah, SMA Pangudi Luhur. Tak sengaja, Sandi bertemu dengan pedagang mi ayam langganannya zaman sekolah dulu. Langsung saja, Sandi memesan mi ayam favoritnya sejak tahun 80’an tersebut.

Menurut Sandi, meski sudah 33 tahun berlalu tapi cita rasa mi ayamnya kesukaannya ini tidak berubah, masih seenak dulu seperti saat dirinya masih SMA.

2. Makan masakan Sunda di Garut

Sandi makan masakan sunda

Nah kalau yang ini, momen ketika Sandi tengah menyantap masakan rumahan khas Sunda. Bukan di Jakarta atau sekitarnya, tapi Sandi langsung tancap gas ke Garut tepatnya Rumah Makan Mang Iki yang terkenal berlokasi di pinggir rel kereta.

Dari ulasan Sandi, meski rumah makannya sederhana dan terletak di pinggir rel kereta, namun rasa masakannya begitu terasa lezat di lidahnya. Kulineran masakan khas Sunda langsung di Garut, terlihat Sandi menyantap menu khas di rumah makan tersebut. Mulai dari olahan belut, sambal hingga ati ampela.

Baca juga: Nia Ramadhani Kepergok Pakai Kalung Rp8.500, Bubah Alfian Kaget

3. Soto ayam di Semarang

 Sandi mau makan soto

Mengunjungi Semarang, Sandi mengaku wajib datang ke kedai soto khas Semarang yang sudah menjadi langganannya sejak puluhan tahun lalu.

“Soto Ayam Khas Semarang Pak Man. Sangat legendaris, rasanya pun tak pernah berubah. Dulu setiap kali mendarat di Semarang, saya selalu makan di sini sebelum melakukan aktivitas lainnya,” tulis Sandi.

4. Nasi Lengko Tegal

 Makan nasi lengko

Berkunjung ke Tegal pada awal Desember lalu, Sandiaga menyempatkan diri mencicipi salah satu hidangan khas Tegal, nasi lengko.

Berburu nasi lengko untuk menu makan siang, Sandiaga datang langsung ke warung nasi lengko Pi’an yang memang sudah melegenda di Tegal sejak 1926.

5. Bubur ayam Belitung

 Sandi makan bubur

Ke Tanjung Pandan, Belitung, Sandiaga mampir ke warung bubur ayam khas Belitung, Kedai Bubur Ayam Kite yang digadang-gadang sebagai bubur ayam terenak di Belitung.

Bubur ayam yang dibanjiri kuah kuning seperti hidangan soto dan disajikan bersama dua jenis telur, telur ayam biasa dan telur asin. Menyantap bubur ayam, ternyata Sandiaga Uno tim tidak diaduk nih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini