6 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Jantung Lebih Sehat

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 298 2332321 6-manfaat-teh-hijau-bagi-kesehatan-salah-satunya-bikin-jantung-lebih-sehat-9wUiUMKImY.jpg Teh hijau (Foto: Health Line)

Green tea alias teh hijau yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Teh hijau ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Melansir dari WebMD, beberapa peneliti memuji manfaat teh hijau. "Saya pikir teh hijau sangat sehat untuk diminum," kata Christopher Ochner, PhD. Dia seorang ilmuwan peneliti nutrisi di Fakultas Kedokteran Icahn di Rumah Sakit Mount Sinai.

"Ini semua tentang kandungan katekin di teh hijau yang bermanfaat," kata Beth Reardon, RD, Ahli Gizi dari Boston. Perlu diketahui, katekin adalah antioksidan yang melawan dan bahkan dapat mencegah kerusakan sel.

Selain manfaat-manfaat teh hijau di atas. Apa saja sih manfaat teh hijau bagi kesehatan yang dilansir dari The Healthy.

 teh hijau

1. Mencegah kanker

Peneliti menduga polifenol dalam teh hijau dapat membunuh sel kanker dan menghentikan perkembangan kanker, bahkan mencegah berbagai jenis kanker.

Menurut National Cancer Institute, lebih dari 50 studi epidemiologi tentang hubungan antara konsumsi teh dan risiko kanker yang telah diterbitkan sejak 2006. Meskipun hasilnya tak konsisten, namun, beberapa menemukan teh hijau menurunkan risiko kanker usus besar, payudara, ovarium, prostat, dan paru-paru.

2. Menjadikan jantung lebih sehat

Menurut Harvard Medical School, teh hijau mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit jantung dengan cara memperlambat pemecahan kolesterol LDL, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

 

3. Mengatasi artritis

Menurut Arthritis Foundation, teh hijau berguna untuk meredakan gejala osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Polifenol dalam teh hijau dipercaya dapat mengurangi peradangan sekaligus memperlambat kerusakan tulang rawan.

Antioksidan lain yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dapat menghalangi produksi molekul yang menyebabkan kerusakan sendi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis (RA).

4. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah tinjauan studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine mengungkapkan, teh hijau dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan ingatan dan perhatian, serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

5. Melawan infeksi saluran kemih

Dalam ulasan studi yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, para peneliti melaporkan kalau secangkir teh hijau Jepang (kira-kira 7,5 gram teh hijau kering) setara dengan sekitar 150 miligram epigallocatechin (EGC).

Baca juga: Nia Ramadhani Kepergok Pakai Kalung Rp8.500, Bubah Alfian Kaget

6. Mengurangi mata bengkak

Teh hijau dapat meredakan mata yang bengkak. Caranya dengan letakkan 2 kantong teh hijau basah pada mata yang lelah dan bengkak, lalu berbaring selama 15-20 menit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini