Kabar Terbaru Pevita Pearce, Susah Bedakan Rasa Air Putih dan Kopi

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 481 2332122 kabar-terbaru-pevita-pearce-susah-bedakan-rasa-air-putih-dan-kopi-cwFmV8uNIi.jpg Pevita Pearce saat isolasi (Foto : Instagram Stroy/@pevitapearce)

Beberapa hari lalu Pevita Pearce membawa kabar yang membuat penggemarnya cemas. Jumat 18 Desember 2020, Pevita Pearce positif Covid-19.

Pada keterangan yang ditulisnya, Pevita Pearce sendiri mengaku sempat tidak percaya bahwa dirinya terinfeksi virus yang telah menelan ratusan ribu jiwa itu.

"Hari kelima dengan Vid (Covid-19). Sebagai individu yang mengonsumi makanan sehat, vitamin, rutin berolahraga, dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Saya sangat terkejut terinfeksi virus ini," tulis Pevita kala itu.

Pevita Pearce

Kabar terbaru, Pevita Pearce membagikan aktivitasnya selama menjalani isolasi. Dia mengunggah Instagram Story yang menceritakan kondisinya di karantina.

Baca Juga : Pevita Pearce Tetap Tampil Glowing Walau Sedang Isolasi

Salah satunya saat dirinya akan menyatap sebuah sereal dan susu. Pevita mengaku susah membedakan rasa dari minuman.

Pevita Pearce

"Walaupun sebenarnya lidah aku juga enggak bisa ngerasa sih, susah bedain (rasa) air putih, susu, kopi," katanya.

Kehilangan indera perasa memang diketahui menjadi salah satu gejala Covid-19. Hal tersebut pernah disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito awal September 2020.

Wiku menyampaikan beberapa gejala Covid-19 yang dapat muncul dalam 2 sampai 14 hari setelah seseorang terpapar virus SARS Cov 2. Menurutnya, dari data WHO dan CDC di Amerika ada beberapa gejala yang sering muncul pada penderita Covid-19.

“Itu adalah demam, batuk, sesak nafas dan kehilangan penciuman atau indera perasa. Dan ini dibuktikan oleh penelitian observasional pada 961 tenaga kesehatan dan juga pada 87% pasien pada penelitian di Eropa yang telah disampaikan di dalam artikel ilmiah,” terangnya.

Dia mengatakan, virus ini biasanya masuk ke tubuh melalui hidung yang dilapisi reseptor ACE2 yang berfungsi sebagai jalan masuk virus ke dalam sel sehingga menimbulkan gejala berupa pilek, hidung tersumbat atau nyeri tenggorokan.

Pilek

Reseptor ACE2 tersebut juga berada di seluruh tubuh yaitu pembuluh darah, usus dan organ lainnya. Sehingga tidak mengherankan apabila virus dapat memiliki efek di organ-organ lain.

“Sehingga ada juga gejala-gejala lain di luar sistem pernapasan yang dapat muncul pada penderita yaitu diare, tidak nafsu makan, mual dan muntah, sakit kepala, terasa lelah berlebihan, nyeri otot atau pegal-pegal, radang selaput bening mata atau konjungtivitis, bercak pada kulit atau perubahan warna jari-jari tangan dan kaki,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini