Budi Gunadi Sadikin Tak Berlatar Kesehatan, Haruskah Menkes Dokter?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 481 2332357 budi-gunadi-sadikin-tak-berlatar-kesehatan-haruskah-menkes-dokter-78PvD8jgpg.jpg Menkes Budi Gunadi (Foto : Dok.Okezone)

Publik bertanya-tanya apa keputusan Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan baru di Kabinet Indonesia Maju menggantikan Terawan Agus Putranto. Pasalnya, Menkes Budi Gunadi tak berlatar belakang dunia kedokteran atau kesehatan.

Ya, profil Budi Gunadi Sadikin lebih dikenal sebagai pengusaha. Ia adalah Direktur Utama Bank Mandiri periode 2013-2016. Lalu, ia ditunjuk menjadi staf khusus Menteri BUMN di masa Rini Soemarno selama setahun dari 2016-2017.

Setelah itu, dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pada 2017-2019. Di tengah-tengah perjalannya sebagai Dirut Inhalum, Budi ditarik untuk mengisi posisi Wakil Menteri BUMN bersama dengan Kartika Wirjoatmodjo.

Lantas, apakah Menteri Kesehatan memang harus seorang dokter atau setidaknya berlatar belakang kedokteran atau kesehatan?

Budi Gunadi

Dijelaskan mendiang Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Kartono Mohamad, seseorang yang akan menjabat sebagai Menteri Kesehatan tak harus seorang dokter.

"Menkes itu tak harus dokter. Dia harus punya konsep dan asal mengerti visi kesehatan bisa kelola apapun yang dicapai," katanya pada 2014.

Baca Juga : Sebelum Jadi Menkes, Budi Gunadi Sadikin Serius Pantau Produksi Vaksin Covid-19

Dokter Kartono melanjutkan, Menkes itu harus bisa jadi seorang manajer yang mengerti segala hal, terutama di bidang kesehatan. Seperti contohnya di Malaysia, Amerika Serikat, dan Belanda yang mana di sana menteri kesehatannya bukan seorang dokter.

"Secara pribadi, Menkes adalah seorang dokter itu bagus. (Tapi kalau tidak, tak apa) asal punya visi manajemen program kesehatan dan tidak cuma bisa mengobati," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini