Musim Liburan Tiba, Jangan Kendor Prokes 3M Covid-19

Selasa 22 Desember 2020 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 481 2332381 musim-liburan-tiba-jangan-kendor-prokes-3m-covid-19-TyFDKK7SVl.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PERKEMBANGAN kasus virus corona di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Namun musim liburan tiba, maka harus ada antisipasi untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan survei mengenai Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 pada periode 1-7 September 2020, melibatkan 90.967 responden untuk mengukur kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Data menunjukan bahwa 91,8% masyarakat menggunakan masker, 77,1% menggunakan hand sanitizer, dan 76,69% menghindari kerumunan.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Redam Stres, Apa Saja?

masker

Perwakilan Sehatpedia Kementerian Kesehatan RI Rico Mardiansyah SH, MH mengatakan, hasil survei menunjukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan virus corona sudah sangat baik. Masyarakat sudah mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Tapi ada yang menarik terkait data tersebut, yaitu dalam hal memakai masker, perempuan lebih patuh terhadap anjuran tersebut dengan persentase 94% dibanding laki-laki hanya 88%," kata Rico lewat keterangan resmi Jovee X Lifepack.

Rico menambahkan, untuk menghindari kerumunan, perempuan lagi-lagi lebih patuh yaitu 81%, laki-laki hanya 71% tingkat kepatuhannya. Tentu hal ini perlu perhatian khusus agar semua kalangan bisa mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Saya berharap tingkat kepatuhan protokol kesehatan akan terus meningkat," tambahnya.

Baca Juga: Siapa Akmal Taher Wakil Menkes Pilihan Presiden Jokowi?

Di samping meningkatkan protokol kesehatan, Rico menyarankan agar setiap orang juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa rajin berolahraga dan mengonsumsi vitamin.

"Setiap hari juga bisa mengonsumsi vitamin D, C, dan Zinc. Kandungan vitamin ini sesuai rekomendasi dokter dan kini banyak layanan telemedicine atau apotek online yang memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memudahkan dapat vitamin," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini