Ini 5 Hal yang Harus Ditanyakan Pelamar saat Wawancara Kerja

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 612 2331877 ini-5-hal-yang-harus-ditanyakan-pelamar-saat-wawancara-kerja-IQQNzWFqMI.jpg Ilustrasi wawancara kerja. (Foto: Ijeab/Freepik)

SESI wawancara kerja biasanya selalu diakhiri dengan pertanyaan dari pihak HRD kepada pelamar, "Apakah ada pertanyaan yang mau ditanyakan?" Namun di momen itu sebagian pelamar bingung dan akhirnya tidak bertanya apapun. Padahal, sesi tanya jawab tersebut sejatinya harus dimanfaatkan lho agar paham bagaimana gambaran tentang perusahaan dan pekerjaannya.

Lalu sebetulnya pertanyaan apa yang harus ditanyakan pelamar saat wawancara kerja? Mengutip dari Marie Claire, Selasa (22/12/2020), berikut ini lima pertanyaan paling efektif yang disarankan oleh Blair Heitmann, LinkedIn Career Expert, untuk ditanyakan para pelamar dalam sesi wawancara kerja dengan perusahaan.

Baca juga: 4 Cara Jitu Hadapi Pertanyaan Apa Kelemahanmu saat Wawancara Kerja 

1. Apa tujuan utama perusahaan?

Sebagai calon karyawan, kita harus tahu apa goals atau tujuan yang dimiliki perusahaan dan apa strategi tim divisi yang kita tuju. Blair menyebutkan, memahami tujuan dan strategi perusahaan itu sangat penting dalam memahami dampak yang dapat didapatkan dari posisi Anda. Dengan pertanyaan ini, dari segi pegawai juga jadi bisa membaca tentang seberapa strategis tim dan apakah Anda tertarik pada tujuan dan misinya.

Wawancara kerja. (Foto: Pressfoto/Freepik)

2. Apa value perusahaan?

Sebelum masuk sesi wawancara, sebagai pelamar harus meneliti perusahaan untuk melihat seperti apa value yang diusung di dalamnya. Luangkan waktu membaca dengan teliti tentang profil perusahaan dan lihat berita serta cerita terbaru seputar perusahaan yang dituju.

Baca juga: Tes COVID-19 Pakai Sambal Cireng, Rina Nose: Hanya Mengajak Publik Berpikir 

3. Bagaimana tim dan perusahaan menangani covid-19?

Pandemi covid-19 memang mengubah segalanya. Masa pandemi ini jadi tantangan besar dan sulit bagi tenaga kerja dan perusahaan itu sendiri. Melalui pertanyaan ini, Blair mengatakan bisa memberikan pelamar wawasan tentang beberapa hal. Pertama, bagaimana perusahaan menangani situasi dan peristiwa tidak terduga. Kedua, bagaimana level dukungan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Ketiga, lanskap dan gambaran skenario apa yang akan Anda jalani ke depannya jika resmi bergabung dengan perusahaan tersebut.

4. Penjelasan soal kultur budaya tim di perusahaan

Pertanyaan ini akan memberi pelamar sebagai calon pegawai, ilmu tentang kehidupan sehari-hari pekerjaan dan tim di kantor. Jika perusahaan cenderung diisi oleh para karyawan yang loyal, biasanya karena orang-orang berinvestasi dalam pekerjaan mereka dan mereka sebagai pegawai merasa dihargai karenanya.

Baca juga: 7 Hal yang Tidak Boleh Dipakai saat Wawancara Kerja 

5. Elaborasi soal desk job sehari-hari

Kenapa pertanyaan ini penting? Sebab, pelamar sebagai calon karyawan baru penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan diharapkan dari dirinya sebagai pegawai, di setiap harinya dalam posisi yang baru dipegang. Selain itu, karena sekarang remote working membuat banyak orang merasa terikat pada pekerjaannya bahkan di luar jadwal normal jam kerja 9 sampai 5 sore, maka pastikan untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang pekerjaan dan ekspektasi ketersediaan karyawan untuk memastikan diri nyaman dengan apa yang perusahaan butuhkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini