Share

Sejarah Hari Ibu 22 Desember di Indonesia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 612 2331972 sejarah-hari-ibu-22-desember-di-indonesia-hqDrcLzVkf.jpg Hari Ibu 22 Desember (Foto : English.Jagran)

Sejarah Hari Ibu di Indonesia mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Terpilihnya 22 Desember sebagai Hari Ibu tidak serta-merta begitu saja. Melainkan ada sejarah yang terukir di balik peristiwa tersebut.

Awalnya, Hari ibu terbentuk dari pelaksanaan Kongres Perempuan yang pertama pada 22-25 Desember 1928. Kongres tersebut digelar di Yogyakarta beberapa bulan setelah dicetuskannya Sumpah Pemuda.

Mengutip laman resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), dalam sejarahnya setelah kelahiran Budi Utomo pada 1908, banyak lahir perkumpulan perempuan di berbagai tempat, seperti Aisiyah, Wanita Katolik, Putri Merdeka dan lainnya.

Hari Ibu

Kemudian, gerakan-gerakan yang dicetus perempuan melahirkan Kongres Perempuan Indonesia I dilaksanakan tidak lama setelah Sumpah Pemuda, berlangsung pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Momen itulah yang mengawali lahirnya Hari Ibu pada 22 Desember.

Saat itu, puluhan organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera tergabung dalam Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Kongres Perempuan Indonesia I diakui sebagai tonggak sejarah kebangkitan pergerakan perempuan Indonesia.

Baca Juga : Ucapan Hari Ibu 22 Desember dari Presiden Jokowi, Bikin Mewek

Setelah itu, pada 1935 digelar Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta, dan lahirlah Deklarasi Ibu Bangsa. Setelah itu pada 1938, dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung. Pada saat itu, tepatnya 22 Desember Hari Ibu dimuat dalam Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Hingga kini, Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan hari nasional yang diperingati setiap tahun secara khidmat dan penuh makna oleh segenap bangsa Indonesia. Makna dari Kongres Perempuan Indonesia I layak menjadi inspirasi bagi perjuangan perempuan masa kini.

Hari Ibu

Sayangnya, pada peringatan Hari Ibu di tahun ini, Anda tidak bisa menggelar pesta atau berwisata bersama ke tempat favorit Anda karena kita masih harus berjuang melawan Covid-19.

Akan tetapi, tidak ada alasan untuk tak merayakan Hari Ibu di tahun ini, karena masih ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di rumah untuk merayakan Hari Ibu. Seperti membuat kue bersama, atau belanja online jika Anda ingin memberi sang ibu hadiah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini