Share

Pagi-Pagi Minum Teh Jahe Yuk, 6 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapat

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 298 2332567 pagi-pagi-minum-teh-jahe-yuk-6-manfaat-ini-bisa-kamu-dapat-lseDkZe5mH.jpg Teh jahe ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Jcomp/Freepik)

TEH jahe nikmat diminum saat pagi hari atau ketika hujan turun. Selain bisa menghangatkan tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan, minuman ini juga membuat lambung terasa nyaman.

Teh jahe kaya manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Minuman ini dipercaya bisa mengurangi mual hingga mencegah penyakit berbahaya, seperti diabetes dan kanker.

Baca juga: Beberapa Jenis Teh Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh 

Nah, kali ini Okezone akan berbagi manfaat teh jahe untuk kesehatan. Apa saja? Berikut enam khasiat teh jahe untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dinukil dari Times of India, Rabu (23/12/2020).

Teh jahe. (NDTV)

1. Obat mabuk perjalanan

Teh jahe dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan seperti muntah, pusing, dan keringat dingin. Sebuah penelitian yang telah lama dilakukan mengungkap bahwa jahe membantu mengurangi mabuk perjalanan. Jadi jika Anda merasa pusing atau mual dalam kendaraan yang sedang melaju, cobalah minum teh jahe di lain waktu.

2. Sehatkan jantung dan tekanan darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh jahe secara teratur memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung dan juga menurunkan tekanan darah. Konsumsi teh jahe panas membantu mencegah penggumpalan darah, meredakan mulas, menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: 3 Minuman Sehat untuk Redakan Gejala Pilek yang Sekarang Bikin Panik 

3. Bantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh jahe panas meningkatkan perasaan kenyang dan menghentikan seseorang untuk makan berlebihan. Jahe dapat membantu mengatasi obesitas serta komplikasi terkait obesitas.

4. Redakan mual saat hamil atau akibat kemoterapi

Mual saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Meski begitu, ini tentu tetap saja mengganggu. Sebab, ibu hamil sebaiknya membatasi minum obat. Mengonsumsi teh jahe bisa jadi salah satu alternatif yang aman. Jahe mengandung minyak volatil dan komponen fenol yang disebut gingerol. Tidak hanya pada ibu hamil, teh jahe juga bisa memberikan manfaat yang sama untuk pasien kemoterapi yang merasakan mual.

Baca juga: Sakit Tenggorokan? Coba Sembuhkan dengan 3 Ramuan Teh Ini 

5. Pereda nyeri alami

Jahe bersifat anti-inflamasi, jadi ini telah menunjukkan hasil positif dalam mengurangi rasa sakit seperti osteoartritis. Teh jahe juga membantu mengurangi sakit kepala, kram menstruasi, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

6. Meredakan stres

Teh jahe memiliki efek menenangkan yang membantu meredakan stres dan ketegangan. Aroma yang kuat dan khasiat penyembuhan jahe diyakini efektif mengurangi stres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini